Viral di Twitter! Ternyata Ini Fakta Menarik Film Gadis Kretek

Viral di Twitter! Ternyata Ini Fakta Menarik Film Gadis Kretek

Film – Film Gadis Kretek merupakan serial original Netflix Indonesia pertama yang tayang perdana pada 2 November 2023. Film ini di angkat dari novel berjudul Gadis Kretek karya Ratih Kumala.

Serial ini menampilkan beberapa artis ternama Tanah Air, dengan pemeran utamanya adalah Dian Sastrowardoyo. Di akun Instagram pribadinya, ia membagikan sejumlah postingan terkait film tersebut.

Unggahan tersebut rupanya menuai kehebohan di kalangan penggemar.

Fakta Menarik Film Gadis Kretek

Sempat viral beberapa hari di Twitter, berikut fakta film gadis kretek yang perlu Anda ketahui.

1. Di Adaptasi Dari Novel

serial original netflix - gadis kretek

Film ini di adaptasi dari novel terkenal karya Ratih Kumala berjudul Gadis Kretek. Novel ini mendapat Penghargaan Kusala Sastra Khatulistiwa, sebuah penghargaan besar dalam dunia sastra Indonesia.

Novel Gadis Kretek terbit pada tahun 2012. Lahirnya novel ini di latarbelakangi oleh kisah masa kecil penulis bersama kakeknya.

Dalam proses penyusunan novel ini, penulis tidak hanya mengandalkan kenangan masa kecil saja, namun juga melakukan penelitian selama 4 tahun untuk membuat cerita novel ini menjadi lebih baik dan jelas.

2. Latar Belakang Waktu 1960-an

fakta menarik film gadis kretek di netflix

Film ini mengambil latar belakang tahun 1960an. Pengambilan latar belakang ini berdasarkan kisah nyata kakek penulis yang saat itu memiliki pabrik rokok kretek.

Dengan kepiawaiannya, penulis pun menambah bumbu kisah cinta di novel ini.

Selain itu, kisah dalam novel ini melibatkan banyak generasi dari pra kemerdekaan hingga pasca kemerdekaan Indonesia. Novel ini sekaligus menampilkan perjalanan industri tembakau di Indonesia. Inilah yang menjadi dasar momen film ini.

3. Bertabur Bintang

Tak hanya di bintangi Dian Sastro, film Gadis Kretek juga menghadirkan sederet artis ternama Tanah Air seperti Putri Marino, Ario Bayu, dan Arya Saloka.

Beberapa artis pendukung seperti Tissa Biani, Sheila Dara, Winky Wiryawan, dan Saipul Jamil juga turut membintangi serial ini.

Keempat tokoh utama film ini semuanya punya peran yang keren. Dian Sastro berperan sebagai “Jeng Yah”, perempuan yang gemar meracik rokok kretek.

Lalu ada Ario Bayu sebagai “Soeraja”, sang pengusaha rokok kretek.

Putri Marino sebagai “Arum”, gadis pekerja keras dan terakhir Arya Saloka sebagai “Lebas”.

4. Serial Original Pertama Netflix Indonesia

serial original netflix -134234124

Selain memiliki perjalanan yang menarik, Gadis Kretek juga menjadi salah satu serial original Netflix terbaik di Indonesia yang di adaptasi dari sebuah novel.

Gadis Kretek di produksi oleh Fourcolors Fiilm dan Base Management. Film ini telah di garap sejak tahun 2022.

5. Kretek Sebagai Warisan Nusantara

film original netflix - gasi kretek 234235

Film Gadis Kretek lebih dari sekedar berkisah tentang seorang pengusaha tembakau yang bertemu dengan seorang perempuan visioner yang jatuh cinta pada dunia pembuatan kreteek.

Lebih dari itu, “kretek” dalam film ini merupakan rokok khas Indonesia yang sebagian besar di ciptakan oleh anak-anak tanah air.

Dalam ceritanya, Gadis Kretek berbicara tentang pentingnya “kretek” bagi penghidupan seseorang. Kretek juga berperan penting dalam perekonomian negara saat itu.

Konflik, persaingan dan industri rokok kretek sangat terasa pada tahun-tahun tersebut.

Jika ingin takdir baik, jangan berhenti berbuat baik

Anda Mungkin Juga Suka