Tips Memilih Oli Mobil yang Tepat untuk Kendaraan Anda

Tips Memilih Oli Mobil yang Tepat untuk Kendaraan Anda

Otomotif – Oli mesin bagi mobil sama halnya dengan darah bagi manusia. Oli mesin mempunyai kemampuan untuk melindungi komponen kendaraan dari keausan, sehingga kendaraan tidak dapat bertahan tanpa oli mesin.

Oleh karena itu, memilih oli berkualitas rendah atau oli yang tidak cocok untuk kendaraan Anda dapat menyebabkan komponen saling bergesekan dan mempercepat keausan. Pemilihan kekentalan oli mesin yang salah dapat menurunkan performa kendaraan.

Untuk itu, penting untuk mengetahui cara memilih oli terbaik untuk mobil Anda agar performanya tetap terjaga.

Tips Memilih Oli Mesin

waktu penggantian oli mobil yang tepat

Sebelum membeli oli , periksa dulu kekentalan dan standar oli yang di butuhkan kendaraan Anda. Sebenarnya oli mesin bisa di pilih berdasarkan buku manual kendaraan. Namun, berikut beberapa istilah oli yang perlu Anda ketahui untuk memilih oli terbaik untuk mobil Anda.

1. Standar API (SN, SL, SM, SJ)

Standar ini di tetapkan oleh American Petroleum Institute atau API untuk mengklasifikasikan oli mesin berdasarkan performanya. Anda sebaiknya memeriksa manual book mobil Anda untuk mengetahui standar API yang di rekomendasikan oleh produsen mobil.

2. Tingkat Viskositas

Tingkat Viskositas adalah tingkat kekentalan oli mesin dan ketahanan temperaturnya. Viskositas oli mesin di tentukan oleh dua angka: 0W-20, 5W-30, atau 10W-30.

Nilai viskositas biasanya di beri nomor dengan huruf W. Huruf W berasal dari kata “winter” dan mengacu pada aliran oli saat mesin baru di hidupkan.

Sebaliknya, angka setelah huruf W menunjukkan bagaimana oli mengalir pada suhu pengoperasian mesin. Semakin rendah angka setelah W, maka semakin encer oli saat mesin panas.

Misalnya oli grade 5W-30 mempunyai kekentalan 5W saat mesin dingin dan kekentalan 30 saat mesin panas. Saat memutuskan jenis oli, yang terbaik adalah mengikuti rekomendasi yang terdapat dalam manual book pabrikan mobil.

3. Standar ACEA

Contoh standar ACEA antara lain A5/B5, A3/B4, dsb. Mengetahui standar ACEA pada kendaraan Anda merupakan hal yang penting, terutama bagi pemilik kendaraan bermesin diesel.

4. Spesifikasi dari Pabrikan Mobil

Periksa spesifikasi pabrikan kendaraan untuk memastikan kesesuaian oli. Spesifikasi Mercedes-Benz adalah MB 229.3 dan 229.5, spesifikasi BMW adalah LL01.

Jadi meski menyertakan standar API, ACEA, dan viskositas, tetapi kami tidak tahu apakah Anda dapat menggunakannya karena mesin canggih memiliki persyaratan khusus yang telah diuji.

Oleh karena itu, penting untuk merujuk pada manual book kendaraan Anda untuk memeriksa standar, spesifikasi, dan kekentalan oli yang di sarankan.

Waktu Penggantian Oli

mengganti oli mobil yang tepat

Orang yang mobilnya jarang di pakai sering kali cenderung menunda penggantian oli mesin karena mengira mobil yang jarang di kendarai tidak memerlukan penggantian oli tepat waktu. Hal ini tentu saja salah.

Seperti halnya barang habis pakai lainnya, oli mobil memiliki tanggal kadaluwarsa, terutama setelah di tuangkan ke dalam wadah oli mobil Anda.

Oli mobil memiliki molekul kental yang cenderung larut seiring waktu sehingga mengurangi kekentalan oli, meskipun mobil jarang di gunakan. Hal ini meningkatkan keausan selama penggunaan dan meningkatkan biaya perawatan.

Oleh karena itu, solusi terbaiknya adalah dengan mengikuti aturan ganti oli. Setiap 5.000 km/6 bulan atau 10.000 km/tahun jika menggunakan oli berkualitas tinggi. Namun, silakan merujuk ke manual book untuk informasi lebih spesifik.

Jika ingin takdir baik, jangan berhenti berbuat baik

Anda Mungkin Juga Suka