Tips Jitu Merawat Mobil Saat Musim Hujan

Tips Jitu Merawat Mobil Saat Musim Hujan

Heetpedia – Musim hujan telah tiba. Bagi orang yang sering menggunakan mobilnya, musim ini bisa menjadi musuh besar. Misalnya saja di Jakarta, jika hujan turun meski hanya sebentar saat Anda pulang kerja, wajar jika jalanan menjadi sangat padat. Belum lagi genangan air dan banjir.

Selain itu, pemilik mobil harus lebih berhati-hati dalam merawat mobil saat musim hujan dan mencuci mobilnya, suka atau tidak suka. Sebaliknya, jika air hujan masuk ke dalam mobil, maka cat mobil akan lebih cepat kusam dan mobil akan lebih mudah berkarat.

Rutin Cuci Mobil

Mencuci mobil apalagi di musim hujan merupakan pekerjaan yang membuang-buang tenaga. Namun hati-hati karena air hujan yang mengandung garam dapat merusak cat mobil Anda. Selain itu, koreng dan sisa kotoran bekas air hujan pun bisa menumpuk dan menempel di bodi. Dalam kasus yang parah, pembersihan menjadi semakin sulit dan bodi mobil bisa berkarat.

Oleh karena itu, Anda perlu lebih sering mencuci mobil. Cuci mobil Anda setidaknya dua kali seminggu. Guys, kamu bisa melakukannya sendiri dengan menggunakan sampo pencuci mobil yang memiliki nilai pH (pH balance) mendekati 7.

Meski mahal, memilih sampo mobil yang tepat dapat melindungi cat mobil dan menambah kilap.

Poles Bodi Mobil

Poles bodi pada dasarnya adalah cara untuk melindungi cat. Proses pemolesan menghilangkan kotoran membandel pada lapisan permukaan cat mobil Anda, meningkatkan kilap dan melindungi cat dari pengaruh lingkungan.

Saat Anda memoles mobil, secara tidak langsung Anda menciptakan “benteng pertahanan” yang memungkinkan debu dan kotoran akibat hujan menempel pada bodi mobil. Jika terdapat kotoran pada bodi sebelum di poles, Anda bisa menghilangkan kotoran tersebut dan membersihkannya dengan cara memoles mobil.

Poles Kaca Mobil

Tips merawat mobil saat musim hujan selanjutnya ada pada bagian kaca mobil. Kaca mobil memegang peranan penting dalam visibilitas saat berkendara. Jika wiper tidak mengeluarkan air terlalu lama, jarak pandang akan terganggu. Oleh karena itu, membersihkan sekitar jendela mobil tidak bisa di lakukan dengan mudah.

Ada beberapa pilihan, antara lain mengganti wiper secara rutin setiap 6 hingga 12 bulan atau menggunakan produk pelindung hujan. Layar hujan itu sendiri pada dasarnya menciptakan lapisan khusus pada jendela mobil Anda.

Dampaknya, selain tidak tumbuhnya jamur di kaca mobil, air hujan yang jatuh ke permukaan kaca juga lebih mudah di bersihkan dengan wiper, dan secara alami meluncur seperti tetesan air yang jatuh di daun talas.

Periksa Kondisi Wiper

Tugas wiper kaca depan adalah menghilangkan air dari jendela mobil Anda. Sebaliknya, mesin cuci menyemprotkan cairan pencuci ke jendela mobil Anda. Wiper dan washer merupakan bagian penting pada mobil Anda saat hujan.

Oleh karena itu, jagalah wiper dan washer Anda dalam kondisi baik dengan melakukan perawatan yang benar. Karet wiper rata-rata bertahan 6 bulan. Periksa karet wiper Anda secara rutin untuk mengetahui apakah berfungsi maksimal.

Jika karet sudah tipis dan rapuh, di sarankan untuk segera menggantinya karena akan mengganggu perannya dalam mengeluarkan air yang menghalangi pandangan pengemudi. Hal yang sama berlaku untuk mesin cuci.

Isi washer reservoir (WR) mobil Anda dengan air yang di campur dengan cairan wiper khusus agar pengemudi dapat menyemprot kaca mobil ketika kotor. Ingat: Sebelum menyeka kaca dengan alat pembersih karet, biasakan menyemprotnya dengan air dari mesin cuci terlebih dahulu.

Pasalnya, air yang disemprotkan berfungsi untuk membersihkan kotoran dan mencegah goresan pada kaca.

Mengecek Kaki-Kaki

Kendaraan yang menunjang aktivitas sehari-hari pada musim hujan pasti akan menghadapi medan basah yang terdapat genangan air dan lumpur. Misalnya, jika tidak di tangani, bagian sasis mungkin tidak berfungsi dengan baik dan dapat menimbulkan suara aneh atau keras.

Di sisi lain, kaki yang menopang tubuh juga sangat rentan terkena penyakit ini. Segera bersihkan sisa kotoran pada bagian bawah mobil untuk menghindari kerusakan. Setelah digunakan pada cuaca hujan, sangat di sarankan untuk mencuci bagian bawah bodi kendaraan dengan air bertekanan tinggi.

Agar lebih bersih, gunakan juga sabun atau sampo mobil. Jangan lupa untuk membersihkan juga sasis dan ban mobil Anda. Inilah lima bahan yang harus Anda waspadai terutama saat musim hujan.

Jika ingin takdir baik, jangan berhenti berbuat baik

Anda Mungkin Juga Suka