Ternyata! Ini Dia 12 Manfaat Permen Karet Yang Tak Terduga

Ternyata! Ini Dia 12 Manfaat Permen Karet Yang Tak Terduga

KesehatanPermen karet adalah salah satu jenis permen karet yang biasa digunakan untuk membuat gelembung. Sejarah mengungkap kalau permen ini sudah ada sejak kurang lebih 9.000 tahun lho.

Di berbagai belahan dunia, masyarakat membuat permen karet dari berbagai bahan, mulai dari madu, getah pohon, hingga jenis yang paling populer, chicle (getah pohon sawo Manila).

Mengunyah permen karet di kenal sebagai kebiasaan jorok dan bahkan dilarang di kelas dalam beberapa sekolah. Namun, tahukah Anda kalau mengunyah permen karet ternyata punya banyak manfaat?

Nah, kali ini kami ingin memberitahu Anda tentang 12 manfaat permen karet yang mungkin tidak kamu duga.

Manfaat Permen Karet Untuk Kesehatan, Fikiran dan Kecantikan

1. Menambah Konsentrasi

Permen karet bisa menambah konsentrasi

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa mengunyah permen karet meningkatkan kinerja mental, Fungsi kognitif, seperti konsentrasi, ingatan, dan waktu reaksi, terlihat membaik ketika subjek uji mengunyah permen karet.

Di perkirakan bahwa dorongan ini berasal dari peningkatan aliran darah ke otak melalui mengunyah, dengan beberapa penelitian menunjukkan sebanyak 25-40 persen peningkatan.

2. Mengurangi Stress

Permen karet bisa mengurangi stress

Selanjutnya, manfaat permen karet di percaya dapat mengurangi stres. Rupanya mengunyah permen karet bisa menjadi alternatif pengganti untuk kebiasaan gugup, seperti menggigit kuku dan kaki gemetar ketika merasa stres.

Hal ini di dukung oleh penelitian yang menunjukkan bahwa mengunyah permen karet membantu mengurangi hormon stres, yaitu kortisol dalam banyak subjek uji.

3. Melindungi Gigi

Cara melindungi gigi agar tetap sehat

Siapa yang mengira ternyata manfaat permen karet adalah untuk melindungi gigi! American Dental Association merekomendasikan mengunyah permen karet sugar free selama 20 menit setelah makan, karena terbukti mengurangi plak, mempromosikan enamel gigi, mengurangi gigi berlubang, dan mengurangi radang gusi.

Alasannya berkaitan dengan peningkatan aliran air liur, yang mengurangi asam pada gigi Anda yang menyebabkan pembusukan.

4. Membuat Nafas Lebih Wangi

Cara agar nafas menjadi lebih wangi

Seperti yang sudah kamu duga, salah satu manfaat mengunyah permen karet adalah membuat napas lebih harum.

Faktanya, para peneliti menemukan bahwa jenis permen karet tertentu dapat mengurangi bakteri di mulut penyebab bau mulut. Ini karena terdapat minyak nabati yang di gunakan dalam permen karet.

5. Membantu Berhenti Merokok

Cara berhenti merokok

Banyak perokok yang ingin berhenti merokok namun selalu gagal. Bahkan, Anda mungkin kenal dengan teman-teman yang ingin berhenti merokok tapi gagal kan?

Mungkin dengan manfaat mengunyah permen karet yang berikutnya, perokok yang ingin berhenti bisa mendapatkan bantuan! Ternyata, mengunyah permen karet juga bisa membantu mengurangi rasa hasrat untuk merokok.

6. Meredakan Nyeri Telinga Ketika Terbang

Manfaat permen karet untuk telinga

Rasa sakit telinga akibat perubahan tekanan udara saat lepas landas dan mendarat dalam suatu penerbangan tentu tidak menyenangkan. Sudah lama di ketahui bahwa ada beberapa cara untuk mencegah telinga Anda agar tidak meletup, antara lain dengan menguap dan mencubit hidung saat membuang ingus.

Namun cara termudahnya adalah dengan memanfaatkan manfaat permen karet yang berikut ini. Mengunyah permen karet membantu memproduksi lebih banyak air liur dan memungkinkan Anda menelan lebih banyak, sehingga membantu menyeimbangkan tekanan di telinga Anda.

7. Meningkatkan Kewaspadaan

Meningkatkan Kewaspadaan dengan memakan permen karet

Selain kemampuan berkonsentrasi, banyak penelitian juga menunjukkan bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan kewaspadaan.

Gerakan mengunyah rahang di katakan dapat merangsang saraf dan otak serta meningkatkan aliran darah. Hal ini dapat membantu orang merasa lebih waspada atau terjaga lebih lama.

8. Manfaat Permen Karet untuk Asam Lambung

Manfaat permen karet untuk asam lambung

Jika Anda merasa mual saat bepergian dengan mobil atau pesawat, cobalah mengunyah permen karet.

Pasalnya, mengunyah permen karet membantu memproduksi lebih banyak air liur sehingga dapat membantu menurunkan asam lambung dan mengurangi iritasi. Manfaat mengunyah permen karet untuk asam lambung ini juga cocok bagi penderita maag.

9. Meningkatkan Daya Ingat

Meningkatkan daya ingat

Selain mampu menambah daya konsentrasi dan kewaspadaan, mengunyah permen karet juga ternyata mampu meningkatkan daya ingat Anda lho.

Hal ini karena mengunyah permen karet membuat aliran oksigen ke otak menjadi meningkat, sehingga membantu memperbaiki daya ingat Anda. Cocok nih bagi Anda seorang pelupa!

10. Membantu Menurunkan Berat Badan

Ini dia tips menurunkan berat badan

Permen karet, terutama yang bebas gula, merupakan salah satu cemilan yang rendah kalori. Selain itu, dengan mengunyah permen karet, keinginan Anda untuk makan menjadi lebih berkurang.

Dengan cara ini, kebiasaan ngemil Anda akan berkurang dan berat badan Anda tetap berada pada level ideal.

11. Membuat Wajah Lebih Berseri

Cara mempercerah wajah

Selain bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental, ternyata mengunyah permen karet juga bisa berperan untuk kecantikan lho. Mengunyah permen karet dapat membuat wajah menjadi lebih cerah dan tampak segar alami.

Kenapa begitu? Karena mengunyah permen karet berfungsi seperti senam wajah, sehingga memperlancar sirkulasi darah pada wajah sehingga menjadi lebih lancar.

12. Memperbaiki Badmood

 

Apakah Anda sedang badmood? Cobalah mengunyah permen karet. Mengunyah permen karet bisa menjadi solusi bagi mereka yang sedang badmood.

Pasalnya, mengunyah permen karet mampu menurunkan kadar hormon stres sehingga Anda akan lebih bahagia.

Itu dia beberapa manfaat permen karet yang mungkin belum Anda ketahui! Tentunya untuk mendapatkan manfaat permen karet di atas, Anda perlu menggunakan permen karet bebas gula. Sebab jika terlalu sering mengunyah permen karet kaya gula justru akan merusak gigi.

Jika ingin takdir baik, jangan berhenti berbuat baik

Anda Mungkin Juga Suka