Ternyata Begini Penyebab Alternator Mobil Rusak, Segera Perbaiki!

Ternyata Begini Penyebab Alternator Mobil Rusak, Segera Perbaiki!

Otomotif – Mobil setelah di pakai sebelumnya tidak ada masalah, namun tiba-tiba saat di gunakan terasa aneh, bisa jadi itu pertanda alternator mobil mulai rusak.

Kadang-kadang kerusakan pada bagian-bagian mobil dapat terjadi secara tiba-tiba, misalnya pada alternator mobil, tanpa ada tanda-tanda sebelumnya.

Alternator merupakan nama lain dari dinamo ampere, yaitu bagian yang menghasilkan listrik dari energi kinetik mobil. Jika tidak ada alternator, pasti mobil tidak mempunyai cukup listrik untuk menghidupkan mobil.

Altenator atau dinamo ampere hanya akan beroperasi bila mesin kendaraan dalam posisi hidup. Jika alternator mobil rusak, bisa di pastikan mesin kendaraan akan sulit dihidupkan.

Jika dapat di hidupkan, biasanya mesin kendaraan tidak dapat hidup lama karena kekurangan tenaga. Biasanya ini hanya berlangsung sekitar dua puluh menit sebelum mobil berhenti atau mesin mati.

Komponen Pada Alternator

komponen alternator mobil yang cepat rusak

Alternator terdiri dari beberapa bagian pendukung seperti cover, pulley, bearing, IC regulator, dioda dan rotor.

Rumah Alternator

Unit ini berfungsi menampung seluruh komponen regulator. Rumah atau cover ini berbentuk seperti lubang atau lingkaran yang berfungsi sebagai alat pendingin.

Tujuan pendinginan adalah untuk mencegah generator menjadi terlalu panas, rusak, atau terbakar selama pengoperasian. Biasanya bagian ini jarang sekali mengalami masalah.

Pulley

Lalu ada pulley yang berbentuk seperti roda dan berukuran besar. Roda tersebut akan di hubungkan dengan belt yang berfungsi untuk menghidupkan generator.

Pulley ini akan berputar pada saat mesin mobil di hidupkan dan menggerakkan rotor coil ke dalam.

Bearing

Selanjutnya ada bearing yang berfungsi sebagai titik tumpu putaran ujung tabung rotor coil. Biasanya, alternator terdiri dari beberapa bantalan.

IC Regulator

Selanjutnya yang terpenting adalah IC regulator. Tugas komponen ini adalah membuat tegangan yang di hasilkan generator stabil dan terkendali.

Selain itu fungsinya untuk mengatur arus yang masuk pada bagian rotor coil agar tegangan yang di hasilkan tetap stabil.

Dioda

Komponen selanjutnya adalah dioda yang berperan menghasilkan arus satu arah. Biasanya, listrik yang di hasilkan oleh generator bersifat dua arah atau arus bolak-balik.

Rotor

Rotor berbentuk gulungan yang berfungsi mengubah energi magnet menjadi listrik. Listrik akan di proses dan di distribusikan ke sikat dan dioda.

Nah dari sinilah kebutuhan kelistrikan mobil berasal. Di antara bagian-bagian di atas, biasanya IC regulator dan bagian rotorlah cepat rusak. Kerusakan juga di sebabkan oleh usia, penggunaan dan semua itu masih dalam tingkat normal.

Ciri-Ciri Alternator Mobil Bermasalah

ciri ciri alternator mobil rusak yaitu ac tidak dingin

Lalu apa saja tanda-tanda alternator mobil mulai rusak? Kita akan membahasnya secara detail dibawah ini.

Ac Mobil Tidak Dingin

Biasanya AC mobil yang tiba-tiba tidak dingin merupakan tanda utama adanya masalah pada alternator. AC mobil memerlukan energi listrik yang besar. Saat Alternator mobil rusak, AC mobil tidak mendapat aliran listrik yang cukup.

Jika kemudian Anda merasa AC mobil Anda tiba-tiba berhenti mendingin, bisa jadi itu tandanya alternator Anda mulai bermasalah. Periksa segera dengan voltmeter!

Lampu Redup

Lampu yang meredup secara tiba-tiba juga bisa menjadi tanda utama adanya masalah pada alternator mobil anda. Coba periksa status lampu saat mesin hidup.

Jika lampu depan, lampu kabut, dan penerangan kabin tampak redup pada saat mesin mobil hidup, kemungkinan ada masalah pada alternator mobil anda.

Jika Anda mengalami situasi ini, segera periksa alternator mobil Anda untuk menghindari kerusakan di jalan.

Lampu redup ini bisa jadi dikarenakan listrik mobil kurang sehingga kurang terang. Jika dibiarkan, lama kelamaan mobil akan mogok dan mati.

Starter Menjadi Sulit

Ciri lain dari alternator mobil rusak adalah proses menstarter mobil menjadi agak sulit. Jika menstarter mobil Anda biasanya asik dan mudah, namun tiba-tiba butuh waktu lama untuk menghidupkannya, Anda patut waspada.

Jika alternator mobil mulai bermasalah, berarti aki belum terisi penuh. Saat mesin hidup, tenaga di ambil seluruhnya dari baterai karena alternator tidak dapat menyalurkan tenaga.

Seiring berjalannya waktu, baterai menjadi lemah dan tidak cukup kuat untuk menghidupkan mesin. Jika sudah dalam keadaan parah, mobil dapat berhenti tiba-tiba dan lampu depan mobil, AC, dan perlengkapan kelistrikan lainnya tidak dapat digunakan lagi.

Segera periksa besarnya tegangan yang di hasilkan alternator dengan voltmeter.

Bunyi Kasar Suara Mesin

Tanda lain yang dapat di kenali jika alternator mobil mengalami masalah adalah bunyi mesin yang agak keras. Biasanya, ketika alternator mulai rusak, akan mengeluarkan suara yang agak keras dan melengking.

Intinya, suaranya sangat tidak biasa dan terkesan sangat aneh. Jika Anda mendengar suara, coba dengarkan saat mesin hidup.

Selain mengeluarkan suara yang keras, juga dapat mengeluarkan suara mendesis. Suara decitan ini biasanya terjadi karena katrol mulai melengkung akibat faktor usia.

Jika suara terdengar kasar atau melengking, kemungkinan besar alternator mulai mengalami masalah. Jika sudah demikian, sebaiknya segera di ganti agar tidak rusak saat sedang berkendara di jalan.

Rekomendasi pakaian wanita kece dan kekinian: Cek Disini

Penyebab Alternator Mobil Bermasalah

penyebab alternator mobil bermasalah - cara memperbaikinya

Padahal, alternator mobil mempunyai umur yang panjang. Namun terkadang kerusakan ini juga bisa di sebabkan oleh kesalahan pemilik mobil.

Menambah Beban Listrik

Salah satunya adalah menambah beban listrik pada mobil. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab rusaknya alternator mobil.

Contohnya termasuk penambahan sistem suara, lampu kabut, penggantian bola lampu yang tidak sesuai spesifikasi, dan komponen listrik yang menarik arus cukup besar. Hal ini dapat merusak alternator seiring berjalannya waktu.

Jika ingin melakukan modifikasi ini, sebaiknya ganti juga alternatornya dengan model yang lebih besar. Apabila alternator bawaan mobil berkapasitas 70 ampere, dapat di ganti dengan alternator 90 atau 100 ampere. Namun ketika di ganti akan ada kustomisasi terkait dudukan atau braket alternator yang seringkali berbeda.

Terkena Air

Penyebab lainnya mungkin karena alternator mobil terkena air dalam jumlah besar. Misalnya saat mobil melewati genangan air atau saat membersihkan ruang mesin.

Usahakan untuk tidak berjalan melewati genangan air yang tinggi agar bagian-bagian di ruang mesin tidak cepat rusak. Jika ingin membersihkan ruang mesin, sebaiknya alternator di tutup dengan plastik agar tidak terkena air dalam jumlah besar.

Umur Alternator

Faktor terakhir yang dapat merusak genset adalah umur. Seringkali terlihat di bagian brush, IC regulator, dan bagian rotor rusak karena penggunaan.

Jangan khawatir, perawatan alternator masih bisa di lakukan dengan biaya yang wajar. Namun jika Anda ingin membeli yang baru, biaya yang harus di keluarkan akan sedikit lebih mahal.

Misalnya biaya perawatan alternator berkisar Rp 200.000 hingga Rp 350.000 tergantung kerusakan komponen. Namun jika membeli baru, biayanya sekitar Rp 900.000 hingga Rp 1 jutaan tergantung jenis kendaraannya.

Setelah membahas secara lengkap ciri-cir alternator mobil yang rusak di atas, sebaiknya Anda lebih waspada terhadap kerusakan yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Yang terpenting rajin-rajin mengasah feeling ketika terjadi perbedaan pada mobil kesayangan Anda.

Jika ingin takdir baik, jangan berhenti berbuat baik

Anda Mungkin Juga Suka