Penjelasan Tentang Rack Steer Mobil, Serta Cara Merawatnya

Penjelasan Tentang Rack Steer Mobil, Serta Cara Merawatnya

Otomotif – Sebuah mobil memiliki banyak komponen yang perlu di perhatikan fungsi dan perawatannya, termasuk pada Rack Steer. Sayangnya, banyak pemilik mobil yang kurang memperhatikan kondisi Rack Steer.

Sebenarnya sangat berbahaya jika Rack Steer rusak. Karena komponen ini berhubungan langsung dengan setir, velg, dan sasis mobil.

Apa yang dimaksud dengan Rack Steer? Lalu apa saja tanda-tanda Rack Steer Anda rusak? Baca pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Apa itu Rack Steer Mobil?

kegunaan Rack Steer mobil

Rack Steer adalah elemen penghubung antara roda kemudi dan sasis mobil. Jika bagian ini mengalami kerusakan maka kinerja power steering tidak akan maksimal.

Mengutip laman Auto 2000, mekanisme kendali Rack Steer sangat sederhana. Jadi, rack akan mengontrol ban mobil sesuai perintah Anda. Dengan cara ini, proses putaran akan pas di sekitar kemudi mobil.

Masalah yang sering terjadi apabila arah ban tidak sesuai dengan kemudi kendaraan. Oleh karena itu, dapat di pastikan terdapat masalah atau kerusakan pada rack steer mobil.

Komponen dalam Rack Steer Mobil

Ball Joint

Perlu di ketahui bahwa kemudi Rack Steer kendaraan Anda terdiri dari enam komponen penting. Apa saja komponen tersebut? Lihat di bawah.

1. Roda Gigi Pinion

Roda Gigi Pinion adalah bagian yang terhubung dengan kolom kemudi yang di hubungkan dengan bagian universal joint dan steering column yang menghubungkan dengan bagian rack steer.

2. Batang Rack

Batang Rack berfungsi meneruskan pergerakan pinion, mengubah arah putaran, dan pada akhirnya menyalurkannya ke roda mobil.

3. Ball Joint

Ball Joint adalah bagian antara steering knuckle dan arm. Fungsi utama ball joint adalah untuk menciptakan tingkat kenyamanan tertentu saat menggerakkan setir.

4. Rumah Rack

Rumah Rack adalah komponen yang di gunakan untuk mencari lokasi piston pada sistem power steering.

5. Tie Rod

Tie rod berbentuk panjang untuk menghubungkan rack dan steering knuckle melalui ball joint.

6. Boot Steer

Komponen terakhir adalah boot steer. Keistimewaannya adalah pelindung karet yang di maksudkan untuk melindungi ball joint dari kotoran dan kerusakan.

Tanda-Tanda Rack Steer Mobil Rusak

tanda tanda rack steer mobil rusak

Seperti suku cadang mobil lainnya, Rack Steer dapat rusak seiring berjalannya waktu. Jangan pernah menganggap remeh Rack Steer yang rusak, karena sangat berbahaya dan dapat mengakibatkan kecelakaan.

Lalu apa saja tanda-tanda Rack Steer rusak? Cek di bawah ini.

1. Muncul Suara di Roda

Tanda pertama kerusakan Rack Steer adalah bunyi pada roda. Jika Anda mendengar bunyi berdecit atau menderu dari roda saat mengemudi, berarti ada masalah pada Rack kemudi Anda.

2. Timbul Getaran di Setir

Jika roda kemudi bergetar saat mengemudi, mungkin ada masalah dengan drive belt. Sedikit informasi: drive belt memerlukan tegangan yang tepat agar dapat berfungsi secara optimal.

3. Setir Terasa Berat Saat Dibelokkan

Tanda lain Rack Steer Anda rusak adalah setir terasa berat saat di putar. Dalam beberapa kasus, setelah mobil di putar dan setir di luruskan kembali, mobil tetap berbelok karena roda masih mengarah ke kiri atau ke kanan.

Tips Mencegah Rack Steer Mobil Rusak

mencegah rack steer mobil agar tidak rusak

Untuk mencegah kerusakan kemudi Rack Steer di kemudian hari, teknisi harus melakukan perawatan optimal terhadap komponen ini secara rutin. Lalu apa saja tips untuk menghindari kerusakan rak? Berikut beberapa tipsnya.

1. Hindari Jalan Berlubang

Saat berkendara di jalan raya, usahakan untuk menghindari jalan berlubang. Guncangan dan getaran yang kuat saat berkendara melalui jalan berlubang dapat merusak power steering dan pada akhirnya berdampak pada Rack Steer.

2. Hindari Banjir

Selain itu, hindarilah banjir setiap saat. Soalnya air yang masuk ke komponen power steering bisa mempengaruhi fungsi kelistrikan dan merusak komponen.

3. Hindari Ban Berbelok saat Parkir

Banyak pengendara yang tidak menyadari bahwa ban mobilnya berputar ke kiri atau ke kanan saat parkir. Ini mungkin tampak seperti hal kecil, namun power steering dan ball joint cenderung menjadi aus seiring berjalannya waktu, sehingga memperpendek masa pakainya dan membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan.

Penjelasan mengenai Rack Steer, mulai dari pengertiannya hingga tanda-tanda kerusakannya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Jika ingin takdir baik, jangan berhenti berbuat baik

Anda Mungkin Juga Suka