Manfaat dan Resiko Apabila Berhubungan Seks Saat Menstruasi

Manfaat dan Resiko Apabila Berhubungan Seks Saat Menstruasi

Lifestyle – Berhubungan Seks saat menstruasi masih menjadi kontroversi. Di sisi lain, beberapa risiko kesehatan mungkin terjadi. Namun di sisi lain, seks saat menstruasi di duga memiliki beragam manfaat.

Beberapa wanita mungkin masih merasa takut atau ragu untuk berhubungan seks saat menstruasi. Beberapa orang menganggap ini tabu, sementara yang lain mengatakan itu baik-baik saja.

Dari sudut pandang medis, berhubungan seks saat menstruasi boleh saja, namun ada risikonya, terutama jika tidak di lakukan dengan benar.

Oleh karena itu, penting bagi Anda dan pasangan untuk mengetahui manfaat dan risiko berhubungan seks saat haid sebelum mencobanya.

Manfaat Seks Saat Menstruasi

Seperti yang telah di sebutkan, seks saat menstruasi memiliki berbagai manfaat. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Meredakan Kram Selama Mentruasi

Biasanya sebagian wanita mengalami rasa tidak nyaman saat haid, seperti kram, sakit perut, nyeri payudara, dan sakit kepala. Berhubungan seks saat menstruasi di duga dapat mengurangi berbagai penyakit tersebut.

Saat berhubungan seks, tubuh Anda akan melepaskan endorfin, terutama saat Anda mencapai orgasme. Endorfin merupakan hormon yang menimbulkan perasaan senang dan menghilangkan rasa sakit.

2. Mengurangi Stress

Selain berbagai penyakit fisik, banyak juga wanita yang mengalami perubahan suasana hati saat menstruasi, seperti mudah emosi, kesedihan, bahkan stres dan depresi. Berhubungan seks saat menstruasi dapat mengurangi gejala fisik dan psikis yang terjadi saat menstruasi.

3. Mempersingkat Masa Haid

Seks juga dapat memperpendek haid. Pasalnya, hubungan seks saat haid merangsang pelepasan jaringan dinding rahim dan kontraksi otot dinding rahim sehingga dapat menyebabkan darah menstruasi dan sel telur yang tidak di buahi lebih cepat keluar.

4. Memberikan Kepuasan Lebih

Seks saat menstruasi juga diketahui mendatangkan kepuasan lebih. Pasalnya, perubahan hormonal saat menstruasi membuat wanita merasa lebih bergairah.

Resiko Berhubungan Seks Saat Haid

Berhubungan Seks Saat Haid mempunyai banyak manfaat, namun tidak lepas dari beberapa risiko yang mungkin terjadi, antara lain:

1. Infeksi Menular Seks

Salah satu resiko berhubungan seks saat menstruasi adalah Infeksi Menular Seksual. Jika aktivitas seksual terjadi tanpa kondom. Saat berhubungan badan saat haid, penis bersentuhan langsung dengan darah haid yang bocor.

Akibatnya, bakteri dan virus dalam darah Anda bisa menular ke pasangan Anda. Oleh karena itu, tidak dianjurkan melakukan hubungan seks saat menstruasi, apalagi jika Anda memiliki penyakit tertentu yang dapat menular melalui darah atau air mani (seperti HIV, gonore, sifilis, hepatitis B).

2. Infeksi Jamur Vagina

Vagina bersifat asam. pH normal adalah antara 3,8 dan 4,5. Namun saat menstruasi, pH meningkat sehingga dapat memicu pertumbuhan jamur di area vagina sehingga menyebabkan infeksi jamur vagina.

3. Kehamilan

Kebanyakan orang mengira berhubungan seks saat menstruasi tidak menyebabkan kehamilan, padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Seks saat menstruasi bisa memicu kehamilan, apalagi jika siklus menstruasi Anda pendek.

Misalnya siklus haid anda 22 hari, maka anda berovulasi segera setelah haid. Saat sperma masih berada di saluran reproduksi, sel telur akan dilepaskan dan kehamilan bisa terjadi.

Jika ingin takdir baik, jangan berhenti berbuat baik

Anda Mungkin Juga Suka