Makanan Ini Bisa Menyebabkan Keputihan Saat Hamil

Makanan Ini Bisa Menyebabkan Keputihan Saat Hamil

Kuliner – Saat masa kehamilan, ibu hamil tentu saja sangat wajar mengalami keputihan. Keputihan pada ibu hamil di sebabkan oleh peningkatan kadar hormon estrogen dan peningkatan aliran darah ke organ kewanitaan.

Keputihan yang normal ini membantu membersihkan organ kewanitaan dari bakteri dan sel-sel mati yang menempel pada dindingnya. Cairan leukorrhea atau keputihan yang normal adalah teksturnya encer, berwarna bening atau seperti susu, dan tidak berbau menyengat.

Namun ibu hamil perlu berhati-hati dalam memilih makanan. Pasalnya, beberapa makanan bisa menyebabkan keputihan tidak normal saat hamil. Makanan penyebab keputihan saat hamil berikut ini sebaiknya di hindari.

Makanan Penyebab Keputihan pada Ibu Hamil

penyebab keputihan tidak normal saat hamil

1. Makanan Dingin

Makanan penyebab keputihan saat hamil yang pertama adalah makanan dingin seperti es krim. Oleh karena itu, Makanan dingin dapat memperburuk kondisi kehamilan, menyebabkan keputihan tidak normal, menyebabkan gangguan fungsi limpa, dan berujung pada gagal ginjal.

2. Makanan Pedas

Orang yang menyukai makanan pedas sebaiknya menghindari makan makanan pedas selama hamil. Makanan pedas tidak hanya bisa menyebabkan keputihan tidak normal, tapi juga menyebabkan sakit perut dan kembung, yang bisa memperparah mual di pagi hari.

3. Gorengan

Gorengan merupakan makanan yang dapat menyebabkan keputihan. Makanan ini mengandung lemak jenuh yang dapat meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh Anda.

Terlalu banyak mengonsumsi gorengan dapat menyebabkan ibu hamil mengalami peningkatan asam lambung yang dapat memicu perut kembung dan mual.

4. Makanan Manis

Makanan manis juga sebaiknya di hindari selama kehamilan. Karena akanan manis mengandung gula sehingga meningkatkan kadar insulin dalam tubuh.

Ketika kadar insulin meningkat, jamur dan bakteri dapat tumbuh di dalam organ wanita karena menjadi sangat lembab.

5. Makanan Berbahan Dasar Tepung

Makanan penyebab keputihan selanjutnya adalah makanan berbahan tepung seperti nugget, roti, ayam crispy, dan pasta. Karena makanan berbahan dasar tepung ini mengandung lemak jenuh dan gula, makanan ini juga dapat meningkatkan kadar insulin dan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

6. Produk Olahan Susu

Padahal, ibu hamil perlu mengonsumsi susu sebagai sumber kalsium bagi ibu hamil dan menunjang tumbuh kembang bayi. Namun terlalu banyak mengonsumsi produk susu dapat menyebabkan keputihan saat hamil.

Yang terbaik adalah mengurangi asupan produk susu seperti keju, yogurt, dan puding susu.

7. Buah Nanas

Makanan penyebab keputihan saat hamil yang terakhir adalah nanas. Nanas meningkatkan produksi keputihan, yang menyebabkan keputihan tidak normal selama kehamilan.

Nanas juga dapat menyebabkan kontraksi rahim, yang dapat menyebabkan pendarahan dan keguguran.

Jika ingin takdir baik, jangan berhenti berbuat baik

Anda Mungkin Juga Suka