Kuliner Khas Klaten Wajib Anda Coba Ketika Berkunjung kesini

Kuliner Khas Klaten Wajib Anda Coba Ketika Berkunjung kesini

Kuliner – Kabupaten Klaten tidak hanya terkenal dengan keindahan sumber mata air alaminya, namun juga kulinernya. Kuliner khas Klaten menjadi salah satu alasan Anda harus mengunjungi Kota Bersinar.

Terletak di antara dua kota besar Surakarta dan Yogyakarta, Klaten merupakan kota yang paling sering di kunjungi. Letak geografis ini turut memperkaya cita rasa masakan Klaten. Sayang jika melewatkan wisata kuliner khas Klaten ketika Anda berkunjung ke Kota ini.

Dari soto hingga nasi ayam, mie hingga ayam bakar, siap menyambut lidah Anda dengan cita rasa nomor 1.

1. Sop Ayam Pecok

Sop Ayam Pecok - kuliner khas klaten jawa tengah

Sop hangat dengan aroma kaldu ayam ini merupakan ikon masakan Klaten. Rasanya kurang pas pulang atau mampir ke Klaten tanpa mencoba masakan ini.

Ada berbagai macam  jenis sop ayam, antara lain sop ayam yang di buat dengan mencampurkan dan memisahkan kulit, daging, dan kepala ayam.

Berbeda dengan sop biasa, sop ayam pecok ini tidak mengandung jahe atau santan. Sop Ayam Pecok Klaten asli ini menggunakan ayam kampung sebagai kuah dan bahannya.

Sup ini nikmat jika di santap dengan lauk pauk dan hiasan seperti tempe, tahu, dan perkedel.

2. Sate Kambing

Sate kambing khas klaten

Sate kambing Klaten banyak di temukan di berbagai tempat dan kota, namun memiliki cita rasa yang unik sehingga membuat Anda akan tersenyum dan kembali lagi.

Segala sesuatu mulai dari bumbu yang di gunakan hingga kecap yang di buat dan di campur secara khusus. Menghasilkan rasa yang menarik bagi selera Anda.

Biasanya daging kambing yang di gunakan berasal dari kambing yang belum matang, sehingga dagingnya lebih cepat matang dan empuk.

Selain sate kambing, biasanya juga di sajikan hidangan daging kambing lainnya. Seperti Gulai, Tongseng, Tengklang dll.

3. Nasi Tumpang Lethok

Nasi Tumpang Lethok

Satu lagi hidangan lezat yang wajib Anda coba di Klaten. Dengan kata lain, ini nasi di atas Lethok. Hidangan lezat ini banyak di temui di berbagai penjuru kota Klaten.

Dari pagi hingga sore hari, sajian lezat ini bisa Anda nikmati di beberapa warung di Jl Mayor Kusmanto. Sore harinya, Anda bisa menikmati sajian lezat ini di sekitar Alun-Alun Klaten dan Jalan Jayawali (dekat Alun Alun).

Nasi Tumpang Letok adalah makanan ringan yang terbuat dari nasi putih biasa dengan gudangan atau urap daun pepaya, bayam, dan serpihan kelapa yang di bumbui. Lalu, di atasnya diberi kuah letok yang beraroma. Jangan lupa memesan lauk pauk.

Jika Anda memesan porsi yang banyak, piring Anda akan di beri hiasan coyol, krecek, dan telur rebus. Ayam kampung dengan santan, tahu, dan tempe juga menggugah selera.

4. Ayam Panggang

Ayam Bakar Khas Klaten yang enak dan Lezat

Kuliner Khas Klaten terpopuler berikutnya adalah ayam bakar Klaten. Produk olahan ayam ini bercirikan kaya akan bumbu dan aroma yang harum. Masakan ini merupakan resep turun temurun dan wajib Anda coba jika berkunjung ke Kabupaten Klaten.

Ayam goreng biasanya disajikan sebagai pelengkap acara adat daerah. Memanggang rempah-rempah yang kaya akan menciptakan aroma dan rasa manis. Semakin nikmat jika di santap dengan nasi panas dan sambal yang nikmat.

Jika ingin takdir baik, jangan berhenti berbuat baik

Anda Mungkin Juga Suka