Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Service Kompresor AC Mobil?

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Service Kompresor AC Mobil?

Otomotif – Ketika kita berbicara tentang mobil, kita sering kali fokus pada mesin, transmisi, atau desain eksteriornya. Namun, terdapat bagian penting lainnya yang tidak boleh di abaikan, yaitu kompresor AC mobil. Padahal, perawatan kompresor mobil memegang peranan penting pada mobil Anda.

Kompresor mobil merupakan salah satu bagian penting pada sistem pengkondisian udara (AC) kendaraan. Nah tahukah Anda apa itu kompresor udara mobil dan fungsi pentingnya dalam membuat perjalanan Anda nyaman, terutama saat cuaca panas?

Ada banyak fungsi dan manfaat kompresor mobil. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, mari cek penjelasannya di bawah ini:

Apa Itu Kompresor Mobil?

Pengertian dan fungsi kompresor ac mobil

Kompresor mobil merupakan sebuah perangkat mekanis yang bertanggung jawab untuk mengkompresikan freon dalam sistem AC kendaraan. Sementara itu, freon adalah cairan yang terdapat pada sirkulasi dalam sistem AC untuk mengambil panas dari dalam kendaraan dan mengeluarkannya ke luar sehingga udara dalam kendaraan menjadi lebih dingin.

Kompresor ini biasanya terletak di bawah kap mobil dan bentuknya berbeda-beda tergantung merek dan model kendaraan.

Fungsi Utama Kompresor Mobil

memperbaiki kompresor moobil berapa harganya

Apa sebenarnya fungsi utama kompresor mobil? Untuk lebih jelasnya, mari kita simak penjelasannya.

1. Mengkompresikan Freon

Salah satu fungsi utama kompresor AC mobil adalah untuk mengompresi freon. Freon ini awalnya muncul sebagai gas bertekanan rendah.

Saat kompresor beroperasi, ia akan menyedot udara tersebut dan memampatkannya menjadi gas bertekanan tinggi. Proses ini meningkatkan energi panas dalam freon.

2. Meningkatkan Tekanan dan Suhu

Kompresor bertanggung jawab untuk meningkatkan tekanan dan suhu freon. Dalam kondisi tekanan tinggi, freon berubah menjadi gas panas dengan tekanan tinggi.

3. Menggerakkan Freon

Kompresor mobil juga berfungsi sebagai “jantung” sistem pendingin udara, yang menggerakkan freon ke seluruh sistem.

Setelah freon terkondensasi dan di panaskan, ia mengalir melalui pipa AC ke kondensor, evaporator, dan semua komponen lainnya.

4. Mendinginkan Udara

Freon yang mengalami peningkatan tekanan dan suhu mengalir ke kondensor, kemudian melepaskan panas ke udara luar. Freon kemudian berubah menjadi cair dan tetap dalam keadaan bertekanan tinggi.

Cairan ini kemudian di alirkan ke evaporator di dalam mobil, dimana ia menguap dan menyerap panas dari udara di dalam mobil sehingga membuat udara  di dalam kabin menjadi lebih dingin.

5. Mengatur Suhu

Kompresor juga berperan penting dalam mengatur suhu di dalam mobil. Saat Anda mengatur suhu AC, kompresor berhenti atau bekerja dengan kecepatan berbeda untuk mempertahankan suhu yang di inginkan.

Tanda-Tanda Kompresor AC Mobil Harus Diganti

Beberapa tanda kompresor mobil harus diganti

Kapan sebaiknya kompresor AC Mobil Anda harus diganti? Di bawah ini berbagai tanda yang menunjukkan performa kompresor mengalami penurunan dan perlu Anda bawa ke bengkel terdekat untuk diganti.

1. Kinerja AC Menurun

Salah satu tanda paling jelas bahwa kompresor AC Anda perlu di ganti adalah performa AC yang menurun.

Jika suhu di dalam kendaraan tidak lagi sedingin yang seharusnya atau jika sistem pendingin membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai suhu yang di inginkan, ini bisa menjadi tanda bahwa kompresor tidak berfungsi dengan baik.

2. Terdapat Bunyi Aneh

Jika Anda mendengar suara-suara aneh seperti bunyi klik, siulan atau senandung saat menyalakan AC, ini mungkin menandakan adanya masalah pada kompresor. Suara-suara ini dapat di sebabkan oleh gesekan di dalam kompresor atau bagian yang aus.

3. Minyak Cairan AC Terlihat di Selang

Jika Anda melihat oli cairan AC tumpah di bawah kendaraan atau di sekitar kompresor, bisa jadi itu tandanya ada kebocoran oli yang merusak kompresor.

Kebocoran ini dapat menyebabkan turunnya tekanan pada sistem AC.

4. AC Mobil Mati Sendiri

Jika AC mobil Anda tiba-tiba mati dan tidak mau hidup kembali, bisa jadi ini juga menandakan adanya masalah pada kompresor. Bahkan, Dalam beberapa kasus kompresor mungkin bisa mengalami gagal total.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan saat Mengganti Kompresor Mobil

penyebab ac mobil tidak dingin

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat mengganti kompresor mobil Anda.

Usia Kendaraan

Usia kendaraan merupakan faktor penting. Semakin tua usia kendaraan Anda, semakin besar kemungkinan kompresor AC akan haus dan perlu diganti.

Intensitas Penggunaan

Kendaraan yang sering digunakan pada cuaca panas akan mengalami tekanan yang lebih besar pada sistem pendingin udara. Hal ini dapat mempercepat keausan kompresor.

Biaya Perbaikan Vs Penggantian

Sebelum memutuskan untuk mengganti kompresor, pertimbangkan biaya perbaikan. Terkadang, perbaikan minor dapat memperbaiki masalah pada kompresor tanpa perlu mengganti sepenuhnya.

Rekomendasi Dari Teknisi

Konsultasikan dengan teknisi dari bengkel mobil terdekat yang berpengalaman saat service kompresor mobil. Mereka dapat melakukan pemeriksaan mendalam untuk menentukan apakah kompresor perlu di ganti atau hanya perlu di perbaiki.

Kinerja Yang Diharapkan

Pertimbangkan kinerja yang Anda inginkan dari sistem AC mobil Anda. Namun, Jika Anda sering berkendara dalam kondisi panas dan membutuhkan pendinginan yang cepat dan efektif, mengganti kompresor mungkin merupakan pilihan terbaik.

Kompresor mobil merupakan bagian yang sangat penting pada sistem pendingin mobil. Tanpa kompresor, sistem AC mobil Anda tidak akan berfungsi dan perjalanan Anda menjadi tidak nyaman, terutama di musim panas.

Oleh karena itu, penting untuk melakukan servis kompresor mobil Anda secara rutin di bengkel resmi terdekat agar AC mobil Anda tetap berfungsi dengan baik dan Anda dapat menikmati berkendara dengan nyaman di berbagai kondisi cuaca.

Jika ingin takdir baik, jangan berhenti berbuat baik

Anda Mungkin Juga Suka