Ini Dia Waktu Yang Tepat Untuk Servis Ac Mobil

Ini Dia Waktu Yang Tepat Untuk Servis Ac Mobil

Otomotif – Sebagai pemilik kendaraan roda empat, Anda harus rajin melakukan yang namanya perawatan berkala. Selain penggantian oli, servis AC mobil atau pendinginan kabin juga harus rutin di lakukan oleh Anda. Hal ini harus di lakukan agar kondisi AC selalu baik dan terawat serta mobiil terasa nyaman saat berkendara atau di gunakan dalam perjalanan jauh.

Perawatan atau servis Ac mobil biasanya di lakukan pada waktu-waktu tertentu. Jangka waktu perawatan rutin AC sendiri di sesuaikan dengan kondisi lingkungan atau tempat tinggal, apakah pemilik mobil tinggal di kota besar seperti Jakarta atau di pedesaan atau di tempat lain.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Service Ac?

“Kami menetapkan standar 1 tahun atau 10.000 km untuk perawatan rutin AC mobil. Ini standarnya bagi pengguna mobil di kota besar seperti Jakarta,” kata pemilik bengkel AC Rotary Bintaro,

Sedangkan bagi Anda yang tinggal di pedesaan, Ferry mengatakan servis AC bisa di lakukan setiap 20.000 km. Memang, udara di pedesaan lebih alami dan bersih di bandingkan di perkotaan.

“Tapi ada juga masyarakat di daerah, kawasan pertambangan, yang service AC-nya relatif cepat, hanya berjarak 3.000 kilometer. Mereka menganggap udara di rumah lebih kotor,” ujarnya.

Pada mobil, terdapat dua jenis servis Ac mobil yang biasanya di lakukan secara berkala. Untuk jangka tahunan, jenis pelayanan yang di lakukan adalah pelayanan ringan atau service kecil. Jasa servis AC mobil jenis ini biasanya hanya membersihkan bagian evaporator dan filter saja agar kotoran yang masuk tersaring maksimal.

Sedangkan untuk pelayanan yang berat atau besar biasanya pembersihannya dilakukan secara menyeluruh. Misalnya mencuci evaporator dan mengisinya kembali dengan freon. Untuk melakukan perombakan besar-besaran ini, jangka waktu yang disarankan adalah setiap dua tahun sekali.

Manfaat Membersihkan AC

Servis AC mobil secara rutin dapat memberikan banyak manfaat bagi pemilik mobiil, salah satunya adalah kenyamanan pemilik mobil. Kegiatan servis AC mobil yang rutin ini sebenarnya terkesan mudah namun terkesan sulit karena pemilik mobiil sangat sibuk. Jika keadaan ini terus berlanjut, maka akan menimbulkan akibat yang sangat merugikan dan dapat menimbulkan biaya yang jauh lebih tinggi.

Berikut beberapa manfaat yang akan Anda peroleh jika rutin merawat AC mobilnya, antara lain:

1. Mencegah Kerusakan Lebih Besar

Jika Anda rutin merawat mobil Anda, Anda akan mengetahui bagian mana yang perlu di ganti atau di perbaiki. Teman-teman juga bisa memantau kondisi AC mobil dengan lebih akurat. Dengan tindakan ini Anda akan terhindar dari resiko timbulnya biaya yang lebih tinggi akibat banyaknya komponen yang harus di ganti dalam waktu bersamaan, karena kerusakan yang di alami cukup parah.

2. Tetap Nyaman Digunakan

Kenyamanan pengoperasian mobil merupakan dambaan setiap pemilik mobil saat mengendarainya. Untuk itu, sebaiknya AC mobil Anda di servis secara rutin agar aktivitas Anda tidak terganggu oleh udara panas dan kotor saat berkendara. Perawatan rutin akan menghindari kerusakan AC seperti AC mati, panas, mengeluarkan suara yang keras, dll.

3. Menambah Pengetahuan Tentang Ac Mobil

Di beberapa bengkel, mekanik yang akan melakukan perawatan rutin biasa menjadi komunikator dan ada pula yang tidak. Jika Anda menemukan bengkel yang memiliki mekanik yang montirnya komunikatif, Anda dapat menggunakannya untuk mengajukan pertanyaan lebih mendalam tentang suku cadang mobiil, termasuk suku cadang AC mobiil, untuk memperluas pengetahuan Anda. Misalnya Anda mengetahui jenis-jenis kompresor AC yang akan berguna di lain waktu.

4. Ac Akan Lebih Awet

Suku cadang AC mempunyai masa pakai dan harus di ganti. Secara umum umurnya dengan perawatan rutin bisa mencapai lima atau sepuluh tahun. Namun jika tidak melakukan perawatan secara rutin maka umurnya tidak akan lama, apalagi jika mobil di gunakan secara rutin setiap hari.

Jika ingin takdir baik, jangan berhenti berbuat baik

Anda Mungkin Juga Suka