Ini Dia Tips dan Trik Memilih Asuransi Mobil yang Tepat

Ini Dia Tips dan Trik Memilih Asuransi Mobil yang Tepat

Heetpedia – Asuransi mobil adalah salah satu bentuk perlindungan kendaraan yang terhitung penting bagi pemilik kendaraan. Dalam keadaan tidak terduga seperti kecelakaan, pencurian atau kerusakan mobil, asuransi mobil akan membantu dalam menanggung biaya perbaikan jika ada kerusakan pada mobil.

Namun, tidak semua jenis asuransi mobil cocok untuk setiap pemilik mobil. Oleh karena itu, dalam artikel ini, akan dibahas tentang tips cerdas memilih asuransi mobil yang tepat untuk mobil Anda.

1. Pilih Jenis Asuransi Mobil yang Sesuai dengan Kebutuhan

Pertama-tama, Anda perlu memilih jenis asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada beberapa jenis asuransi mobil yang dapat di pilih, antara lain:

  • Asuransi All Risk

Asuransi mobil all risk adalah jenis asuransi mobil yang menawarkan perlindungan yang lebih luas dan komprehensif di bandingkan dengan asuransi mobil lainnya. Dalam asuransi all risk, mobil diasuransikan dari berbagai risiko yang mungkin terjadi, baik kerusakan karena kecelakaan maupun kerusakan karena faktor lain seperti kebakaran, banjir, atau pencurian. Oleh karena itu, jenis asuransi ini lebih mahal dibandingkan dengan jenis asuransi mobil lainnya.

Meski demikian, keuntungan yang di dapat dari asuransi all risk jauh lebih banyak. Karena itu, meski harganya lebih mahal, namun dapat memberikan rasa tenang dan aman bagi pemilik mobil. 

  • Asuransi Total Loss Only (TLO)

Asuransi Total Loss Only (TLO) adalah mobil yang di asuransikan hanya untuk risiko kerusakan total atau kehilangan yang di sebabkan oleh faktor tertentu seperti kecelakaan, pencurian, atau bencana alam saja. Jika mobil mengalami kerusakan yang tidak dapat di perbaiki atau hilang secara keseluruhan, maka perusahaan asuransi akan memberikan penggantian sesuai dengan nilai pertanggungan yang di sepakati.

Namun, penting untuk dicatat bahwa jenis asuransi ini tidak memberikan perlindungan untuk kerusakan mobil yang tidak total, sehingga pemilik mobil masih harus membayar biaya perbaikan sendiri jika mobil mengalami kerusakan ringan atau sedang.

  • Asuransi Third Party Liability (TPL)

Asuransi Third Party Liability (TPL) adalah jenis asuransi mobil yang memberikan perlindungan terhadap kerusakan atau kehilangan pada pihak ketiga yang terlibat dalam kecelakaan yang Anda sebabkan. Dalam hal ini, asuransi ini memberikan perlindungan pada pihak ketiga seperti pengendara motor atau mobil, pejalan kaki, atau pihak lain yang menderita kerugian akibat kecelakaan yang Anda sebabkan.

Asuransi mobil TPL tidak kalah penting karena dapat membantu Anda menghindari kerugian finansial yang besar jika terjadi kecelakaan yang melibatkan pihak ketiga. 

Pilihlah jenis asuransi mobil yang paling sesuai dengan kebutuhan dan perhitungkan juga kesanggupan finansial Anda agar tidak mengganggu kebutuhan penting lainnya.

2. Pertimbangkan Besaran Harga Premi

Premi merupakan hal penting yang perlu di pertimbangkan dalam memilih asuransi mobil. Premi adalah biaya yang harus di bayarkan setiap bulan atau tahun untuk memperoleh perlindungan dari asuransi.

Perlu di perhatikan bahwa semakin besar premi yang di bayarkan, maka semakin besar pula perlindungan yang di peroleh. Namun, pastikan untuk tidak memilih premi yang terlalu tinggi sehingga memberatkan keuangan Anda, ya.

3. Perhatikan Reputasi Perusahaan Asuransi

Reputasi perusahaan asuransi juga perlu di pertimbangkan dalam memilih asuransi mobil. Pilihlah perusahaan asuransi yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Karena itu, penting untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang reputasi perusahaan asuransi melalui ulasan di internet atau dari pengalaman orang-orang di sekitar Anda.

4. Perhatikan Syarat dan Ketentuan Polis

Sebelum memilih asuransi mobil, pastikan untuk membaca serta memahami syarat dan ketentuan polis dengan baik. Syarat dan ketentuan polis berisi tentang apa saja  hal-hal yang harus Anda lakukan dan tidak boleh Anda lakukan ketika terjadi kerusakan atau kehilangan pada mobil. Jangan ragu untuk bertanya kepada pihak perusahaan asuransi jika Anda memiliki pertanyaan atau tidak memahami syarat dan ketentuan yang tertera.

5. Perhatikan Kemudahan Klaim Asuransi

Pastikan untuk memeriksa bagaimana proses klaim asuransi mobil yang di tawarkan. Pilihlah asuransi mobil yang memiliki proses klaim yang mudah dan cepat. Sehingga Anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mendapatkan penggantian biaya.

6. Pilih Asuransi dengan Jangkauan Luas

Pastikan asuransi mobil yang di pilih memiliki jangkauan yang luas, sehingga Anda tidak hanya terbatas pada wilayah tertentu saja. Jika Anda sering melakukan perjalanan jauh dengan mobil, pilihlah asuransi mobil yang memiliki jangkauan nasional atau bahkan internasional.

Jika ingin takdir baik, jangan berhenti berbuat baik

Anda Mungkin Juga Suka