Ini Dia Manfaat Minum Air Kelapa Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Ini Dia Manfaat Minum Air Kelapa Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Kesehatan – Faktanya, manfaat minum air kelapa sangat baik dan sehat bagi kalangan muda maupun tua. Yang membedakan hanyalah kandungan air dan rasa kelapanya.

Kelapa yang lebih tua biasanya mengandung lebih sedikit air dan lebih banyak daging buahnya. Dagingnya juga keras. Pada minuman ini, kandungan gulanya menurun seiring dengan matangnya kelapa.

Jika Anda lebih menyukai minuman yang tidak terlalu manis, air kelapa matang adalah pilihan yang sehat.

Kandungan Nutrisi Pada Air Kelapa

kandungan nutrisi pada air kelapa

Satu cangkir air kelapa dengan berat 245 gram mengandung nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 44 kkal.
  • Lemak: 0 gram.
  • Natrium: 64 miligram.
  • Karbohidrat: 10.4 gram.
  • Serat: 0 gram.
  • Gula: 9.6 gram.
  • Protein: 0,5 gram.
  • Vitamin C: 24,3 miligram.
  • Kalium atau potasium: 404 miligram.

Kandungan nutrisi tersebut menjadikan air kelapa sebagai minuman sehat yang dapat Anda dan keluarga konsumsi dalam jumlah sedang setiap hari.

Manfaat Minum Air Kelapa untuk Kesehatan

air kelapa alami

Minuman ini dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Pasalnya minuman segar ini kaya akan magnesium.

Magnesium dapat meningkatkan kadar insulin dan menurunkan kadar gula darah. Selain itu, air kelapa juga mempunyai beberapa manfaat lain untuk kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Menurut jurnal ilmiah bertajuk The Effect of Coconut Water (Cocos nucifera L.) and An Isotonic Drink on The Change of Heart Rate Frequency in The Rats Induced Hypertension oleh Procedia Chemistry Journal yang diterbitkan oleh Procedia Chemistry Journal, air kelapa dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan penyakit jantung. Di sisi lain, mengonsumsi minuman ini dapat mencegah tekanan darah tinggi karena menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik secara signifikan.

Selain itu, minuman sehat ini membantu mencegah tekanan darah tinggi yang di sebabkan oleh pola makan kaya fruktosa.

2. Manfaat Minum Air Kelapa ketika Olahraga

Air kelapa mengandung elektrolit alami. Minuman ini setidaknya mengandung 404 miligram potasium per cangkirnya. Kalium saat ini berperan penting dalam tubuh, termasuk mendukung fungsi ginjal dan kontraksi otot.

Minuman ini merupakan alternatif alami untuk minuman olahraga komersial.

Menariknya, air kelapa sering kali mengandung lebih banyak potasium di bandingkan minuman olahraga pada umumnya. Kalium adalah elektrolit utama yang hilang melalui keringat.

Namun demikian, kandungan karbohidratnya lebih rendah di bandingkan kebanyakan minuman olahraga. Artinya, minuman ini belum tentu memberi Anda dorongan energi yang besar selama latihan yang intens atau lama.

Namun, minuman ini akan membantu Anda mendapatkan kembali cukup cairan setelah berolahraga. Jika Anda tetap ingin memilih air kelapa sebagai minuman olahraga, bicarakan dengan dokter Anda mengenai dosisnya.

3. Menurunkan Kolestrol

Air kelapa kaya akan potasium yang membantu mengatur tekanan darah. Penelitian menunjukkan bahwa pola makan kaya kalium dapat mendukung kesehatan jantung dengan mengatur tekanan darah dan mencegah stroke.

4. Melindungi Tubuh dari Radikal Bebas

Air kelapa mengandung antioksidan yang melindungi dari radikal bebas. Antioksidan melawan kerusakan sel, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mengurangi risiko penyakit kronis.

5. Manfaat Minum Air Kelapa untuk Kulit

Hidrasi dan elastisitas untuk kesehatan kulit menjadi manfaat minuman ini. Anda tidak hanya dapat meminumnya, tetapi Anda juga dapat mengoleskannya pada kulit Anda untuk mendapatkan efek yang luar biasa. Mulai mengurangi tanda-tanda penuaan, garis-garis halus, dan pigmentasi.

6. Menyeimbangkan Elektrolit Tubuh

Manfaat air kelapa yang tidak boleh di anggap remeh adalah mampu menyeimbangkan elektrolit. Keseimbangan elektrolit ini mempengaruhi fungsi otot dan produktivitas tubuh.

Air minum ini mengandung natrium, kalium, kalsium, dan magnesium. Semuanya merupakan elektrolit penting bagi kesehatan tubuh.

7. Membantu Menghilangkan Mual saat Kehamilan

Elektrolit dalam minuman ini membantu menggantikan elektrolit yang hilang saat mual di pagi hari. Nutrisi yang di kandungnya juga bermanfaat untuk tumbuh kembang janin.

Oleh karena itu, tak jarang ibu hamil menjadikan air sehat ini sebagai camilan.

Jika ingin takdir baik, jangan berhenti berbuat baik

Anda Mungkin Juga Suka