Ini Dia Ciri-Ciri Gejala Penyakit Ginjal yang Perlu Anda Waspadai

Ini Dia Ciri-Ciri Gejala Penyakit Ginjal yang Perlu Anda Waspadai

Kesehatan – Ginjal merupakan organ yang berperan penting dalam tubuh. Ketika fungsi ginjal menurun, risiko masalah kesehatan lainnya juga meningkat. Pasalnya, begitu penyakit ginjal atau gagal ginjal sudah mencapai tahap kronis, maka penyembuhannya akan sulit.

Oleh karena itu, penting untuk mengenali gejala penyakit ginjal sejak dini agar bisa segera mendapatkan pengobatan. Pengobatan dini penyakit ginjal mempunyai dampak yang signifikan terhadap kesembuhan orang yang terkena.

Namun, hal ini hanya bisa di capai jika gejalanya di kenali sejak dini oleh pengidapnya. Jadi mari kita simak ulasan ini dan simak beberapa tanda awal penyakit ginjal yang perlu diwaspadai.

Penyebab Penyakit Ginjal

penyebab penyakit ginjal

Perkembangan penyakit ginjal di sebabkan oleh berbagai macam faktor, mulai dari penyakit tertentu seperti tekanan darah tinggi, diabetes, hingga penuaan. Penjelasan masing-masing di berikan di bawah ini.

1. Hipertensi

Hipertensi (hipertensi) adalah suatu kondisi dimana tekanan pada pembuluh darah arteri yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh meningkat. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Karena ginjal sendiri yang mengontrol jumlah cairan di pembuluh darah dan bertugas mengendalikan tekanan darah.

2. Diabetes

Penderita diabetes di ketahui memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit ginjal. Sebab, diabetes bisa merusak sistem filtrasi ginjal. Kadar gula darah yang tinggi juga membuat ginjal bekerja lebih keras untuk menyaring darah.

3. Faktor Usia

Penyakit ginjal sering terjadi pada orang yang berusia di atas 60 tahun.

4. Mengonsumsi Minuman yang Mengandung Zat Beracun

Mengonsumsi jamu yang mengandung kortikosteroid, minuman berenergi, dan minuman yang mengandung zat berbahaya seperti etilen glikol secara berlebihan meningkatkan risiko kerusakan ginjal yang dapat mengakibatkan gagal ginjal.

Ciri-Ciri Awal Penyakit Ginjal

ciri ciri awal penyakit ginjal

Penyakit ginjal disebut juga dengan “silent disease” karena gejala tertentu jarang muncul dan banyak pasien yang tidak menyadarinya. Padahal, kondisi ini seringkali tidak di sadari hingga kerusakan ginjal sudah cukup parah.

Padahal, kondisi ini bisa berbahaya jika tidak segera di tangani. Untuk membantu Anda lebih berhati-hati, berikut beberapa gejala awal penyakit ginjal yang perlu Anda ketahui.

1. Mual

Salah satu gejala penyakit ginjal stadium awal yang cukup umum di alami adalah mual. Penyebab mual pada penderita penyakit ginjal pun berbeda-beda, bisa karena uremia, gangguan otot lambung, ulkus, GERD, atau efek samping obat-obatan.

2. Mudah Lelah dan Lemah

lelah dan lemas adalah gejala penyakit ginjal stadium awal yang cukup umum namun sering di abaikan. Mudah lelah, pusing, dan lemas pada penderita di sebabkan oleh penumpukan racun dalam darah karena tidak tersaring dengan baik oleh ginjal.

Selain itu, kondisi ini juga di sebabkan oleh menurunnya produksi sel darah merah akibat menurunnya produksi hormon oleh ginjal, sehingga penderita menderita anemia.

3. Kesulitan Bernafas

Kesulitan bernapas seringkali merupakan gejala penyakit ginjal stadium awal. Hal ini di sebabkan oleh ginjal yang tidak berfungsi dengan baik sehingga menyebabkan terlalu banyak air dalam tubuh menumpuk di paru-paru.

4. Tekanan Darah Meningkat

Gejala awal penyakit ginjal lainnya adalah peningkatan tekanan darah. Tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa menyebabkan penyakit ginjal, namun bisa juga di sebabkan oleh masalah ginjal.

Sebab, kemampuan ginjal dalam menyaring racun terus menurun. Selain itu, ketidakseimbangan kadar cairan dan mineral dalam tubuh juga bisa menjadi penyebabnya.

5. Pembengkakan Pada Kaki

Penyakit ginjal dapat menyebabkan pembengkakan (edema) pada kaki dan betis. Gejala awal penyakit ginjal terjadi ketika natrium menumpuk di kaki dan betis.

6. Lebih Sering Buang Air Kecil

Peningkatan frekuensi buang air kecil terutama pada malam hari juga bisa menjadi gejala awal penyakit ginjal. Seringnya ingin buang air kecil di sebabkan oleh ginjal yang tidak mampu menyaring dengan baik.

7. Urine Tidak Normal

Urine yang sehat biasanya berwarna bening atau kuning. Jika urine berwarna kemerahan karena di sertai darah dan juga berbusa, maka hal tersebut perlu di waspadai. Busa dalam urine menandakan adanya kandungan protein yang tinggi di dalam urine.

Sementara itu, keluarnya darah bersama urine tidak selamanya menandakan penyakit ginjal. Namun jika urine berdarah (hematuria) di barengi dengan busa, maka sebaiknya segera konsultasikan kepada dokter.

8. Penurunan Berat Badan

Gejala awal penyakit ginjal selanjutnya adalah penurunan berat badan. Kondisi ini mungkin di sebabkan oleh rasa mual dan kehilangan nafsu makan. Pasalnya, ketika ginjal tidak berfungsi dengan baik, terjadi uremia, dan makanan yang dimasukkan ke dalam mulut terasa seperti logam.

Hal ini menyebabkan orang yang terkena dampak kehilangan nafsu makan dan menurunkan berat badan.

9. Kulit Menjadi Kering dan Gatal

Salah satu fungsi ginjal adalah menyaring racun dan kelebihan cairan dari dalam tubuh. Organ ini juga memastikan pasokan mineral dalam darah tercukupi. Ketika fungsi ginjal menurun, penyerapan mineral dari darah pun menurun. Hal ini menyebabkan kulit terasa gatal dan kering.

Jika ingin takdir baik, jangan berhenti berbuat baik

Anda Mungkin Juga Suka