Dampak Radikal Bebas Bagi Kesehatan dan Cara Mencegahnya

Dampak Radikal Bebas Bagi Kesehatan dan Cara Mencegahnya

LifestyleRadikal bebas adalah zat berbahaya yang bisa di temukan di mana saja, termasuk dalam tubuh manusia sendiri. Untuk mengetahui apa saja dampak radikal bebas bagi kesehatan, kita perlu mengenal terlebih dahulu apa itu radikal bebas dan bagaimana zat tersebut dapat merusak tubuh manusia.

Definisi Radikal Bebas

Radikal bebas merupakan molekul yang sangat reaktif dan tidak stabil, yang di produksi di dalam tubuh secara alami sebagai produk sampingan dari metabolisme.

Selain itu, tubuh juga bisa terdampak radikal bebas melalui paparan racun dari lingkungan, seperti makanan yang tidak sehat, asap rokok, asap kendaraan, dan sinar ultraviolet.

Dampak Radikal Bebas

Meski hanya ada sepersekian detik. Radikal bebas mempunyai kemampuan menyerang berbagai molekul dalam tubuh. Sehingga menyebabkan kerusakan sel, protein, DNA dan sistem imunitas sehingga menyebabkan ketidakseimbangan dalam tubuh.

Ketika tubuh menggunakan oksigen, sekitar 1 hingga 2% sel dalam tubuh rusak. Sel-sel yang rusak ini berdampak buruk bagi kesehatan.

Selain kerusakan sel, dampak negatif radikal bebas juga di kaitkan dengan berbagai risiko penyakit, seperti kanker, aterosklerosis, penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, dan lain-lain.

Berikut beberapa dampak radikal bebas terhadap kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui:

1. Stress Oksidatif

Stres oksidatif adalah reaksi yang terjadi ketika jumlah radikal bebas dalam tubuh melebihi jumlah antioksidan.

Ketika tubuh memproduksi radikal bebas, baik melalui paparan zat karsinogen maupun melalui proses metabolisme tubuh, maka produksi radikal bebas dan antioksidan dalam tubuh menjadi tidak seimbang.

Beberapa gejala stres oksidatif yang dapat di kenali antara lain kelelahan, sakit kepala, nyeri otot dan sendi, gangguan penglihatan, dan melemahnya sistem kekebalan tubuh.

2. Kerusakan Sel Jaringan Tubuh dan DNA

Stres oksidatif yang terjadi dalam tubuh menyebabkan kerusakan sel jaringan tubuh dan DNA sehingga menimbulkan berbagai penyakit dalam tubuh.

Jaringan organ tubuh mempunyai kemampuan dalam menangkis berbagai serangan radikal bebas. Sayangnya, kerusakan sel jaringan tubuh dan DNA akibat radikal bebas akibat penuaan tidak dapat di hindari.

3. Kerusakan Kulit

Selain menimbulkan berbagai penyakit, radikal bebas juga menurunkan elastisitas jaringan kolagen dan otot sehingga menyebabkan kerusakan kulit.

Dampak radikal bebas pada kulit di wujudkan dengan munculnya kerutan, flek hitam atau pigmentasi coklat, penumpukan sisa pembakaran pada sel dan masalah kulit lainnya yang disebut penuaan dini.

4. Penyakit Kronis

Dampak negatif radikal bebas lainnya adalah terjadinya berbagai penyakit kronis antara lain penyempitan pembuluh darah, katarak, penyakit jantung, penurunan fungsi ginjal dan kanker.

Penyakit-penyakit ini sering muncul setelah radikal bebas menyerang tubuh selama bertahun-tahun.

Itulah beberapa dampak negatif radikal bebas yang dapat terjadi jika kita tidak menjaga daya tahan tubuh dengan baik.

Untuk menghindarinya, Anda perlu memenuhi kebutuhan antioksidan tubuh. Di antaranya dengan mengonsumsi makanan sehat bergizi, menerapkan pola hidup sehat, dan mengonsumsi suplemen makanan sehat

Jika ingin takdir baik, jangan berhenti berbuat baik

Anda Mungkin Juga Suka