Ciri-Ciri Paling Umum Apabila Seseorang Terkena Diabetes

Ciri-Ciri Paling Umum Apabila Seseorang Terkena Diabetes

Kesehatan – Diabetes mellitus, atau yang lebih dikenal sebagai diabetes, adalah penyakit kronis yang memengaruhi cara tubuh mengelola gula darah. Mengetahui ciri-ciri umum diabetes sangat penting untuk mendeteksi dan mengelola kondisi ini dengan segera.

Artikel ini akan membahas ciri-ciri paling umum apabila seseorang terkena diabetes.

Ciri-Ciri Seseorang Terkena Diabetes

1. Peningkatan Kegiatan Buang Air Kecil (Poliuria)

Poliuria, atau peningkatan frekuensi buang air kecil, adalah salah satu tanda klasik di abetes. Tubuh mencoba mengeluarkan kelebihan gula melalui urin, menyebabkan seseorang sering merasa haus dan perlu buang air kecil lebih sering.

2. Peningkatan Nafsu Makan

Meskipun kebanyakan orang dengan di abetes mengalami penurunan berat badan, beberapa juga mengalami peningkatan nafsu makan. Kondisi ini dapat terjadi karena tubuh tidak dapat menggunakan gula dengan efisien, sehingga merasa lapar terus-menerus.

3. Penurunan Berat Badan yang Tidak Di ketahui Sebab

Penurunan berat badan yang tidak di inginkan dapat menjadi tanda di abetes, terutama pada penderita di abetes tipe 1. Tubuh kehilangan berat karena pembakaran lemak dan otot yang tidak efisien.

4. Kelelahan yang Berlebihan

Di abetes dapat menyebabkan kelelahan yang berlebihan karena tubuh mengalami kesulitan menggunakan gula sebagai sumber energi. Penggunaan energi yang tidak efisien dapat menyebabkan rasa lelah dan kelesuan yang konstan.

5. Penyembuhan Luka yang Lambat

Gula darah tinggi dapat merusak pembuluh darah dan saraf, yang dapat menyebabkan proses penyembuhan luka yang lambat. Luka atau sayatan yang membutuhkan waktu lama untuk sembuh dapat menjadi tanda di abetes.

6. Gatal-Gatal dan Infeksi Kulit

Gula darah tinggi dapat menyebabkan gangguan pada sistem kekebalan tubuh, membuat seseorang lebih rentan terhadap infeksi kulit. Gatal-gatal, infeksi jamur, atau masalah kulit lainnya dapat muncul sebagai gejala di abetes.

7. Gangguan Penglihatan

Perubahan gula darah dapat memengaruhi kesehatan mata. Seseorang dengan di abetes mungkin mengalami penglihatan kabur, sulit fokus, atau perubahan penglihatan lainnya.

8. Tingkat Gula Darah Tinggi

Meskipun tidak selalu menimbulkan gejala yang jelas, tingkat gula darah yang tinggi dapat terdeteksi melalui pemeriksaan darah. Pemeriksaan ini penting untuk di agnosis dini di abetes.

Penting untuk menyadari ciri-ciri di abetes agar dapat segera mendapatkan di agnosis dan perawatan yang tepat. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami gejala-gejala ini, segera berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk pemeriksaan dan pengelolaan kondisi di abetes dengan lebih efektif.

Di abetes yang terdeteksi dan di kelola dengan baik dapat membantu mencegah komplikasi serius dan meningkatkan kualitas hidup.

Jika ingin takdir baik, jangan berhenti berbuat baik

Anda Mungkin Juga Suka