Berbagai Manfaat Aktivitas Fisik bagi Kesehatan Jantung

Berbagai Manfaat Aktivitas Fisik bagi Kesehatan Jantung

Heetpedia – Melakukan aktivitas fisik secara rutin bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, tak terkecuali kesehatan organ jantung. Pasalnya, aktivitas fisik dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, menjaga berat badan ideal, hingga mengurangi stres yang bisa menjadi faktor risiko penyakit jantung.

Mari simak ulasan selengkapnya mengenai manfaat aktivitas fisik bagi kesehatan jantung melalui ulasan di bawah ini.

Manfaat Aktivitas Fisik bagi Kesehatan Jantung

Melihat pentingnya aktivitas fisik bagi kesehatan jantung, American Heart Association merekomendasikan orang dewasa untuk melakukan aktivitas aerobik setidaknya 150 menit per minggu dengan intensitas sedang atau 75 menit per minggu dengan intensitas tinggi atau kombinasi keduanya.

Jika ingin mendapatkan manfaat lebih optimal, seseorang disarankan melakukan aktivitas fisik 300 menit (5 jam) per minggu.

Mulai dari menurunkan tekanan darah, menjaga berat badan ideal, hingga mengurangi peradangan kronis, berikut adalah uraian selengkapnya mengenai manfaat aktivitas fisik dalam menjaga kesehatan jantung yang penting untuk diketahui.

1. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat aktivitas fisik bagi kesehatan jantung yang pertama adalah membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Manfaat ini bisa di peroleh dengan melakukan aktivitas fisik, seperti latihan fisik aerobik secara rutin.

Latihan fisik aerobik terdiri dari berbagai gerakan repetitif dan mengikuti ritme, serta menggunakan kelompok otot besar, termasuk otot bahu, lengan, dan kaki. Contoh aktivitas aerobik yang mudah di lakukan adalah berenang, joging, dan berjalan.

2. Meningkatkan Oksigenasi

Manfaat aktivitas fisik bagi kesehatan jantung berikutnya yaitu meningkatkan oksigenasi. Artinya, melakukan aktivitas fisik secara rutin dapat meningkatkan kerja otot-otot jantung dalam mengambil dan menggunakan oksigen dari aliran darah. Alhasil, jantung bisa bekerja lebih efisien dalam memompa darah ke otak dan seluruh tubuh.

3. Menjaga Berat Badan Ideal

Memiliki berat badan ideal juga termasuk dalam salah satu manfaat olahraga untuk kesehatan jantung. Lantas, apa kaitan antara berat badan ideal dan jantung sehat? Kedua hal ini berkaitan karena aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin dapat membakar kalori.

Olahraga jenis aerobik membantu menciptakan defisit energi, sedangkan olahraga ketahanan bisa meningkatkan massa otot tanpa lemak (lean muscle). Olahraga rutin yang di lakukan bersamaan dengan menjaga diet seimbang dapat membantu menjaga berat badan ideal dan menjaga kadar kolesterol darah dalam batas normal.

4. Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Melakukan aktivitas fisik secara rutin setiap hari dapat membantu mengontrol kadar gula darah di dalam tubuh. Alhasil, Anda pun dapat mencegah atau mengendalikan diabetes tipe 2 yang merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung.

5. Meningkatkan Kolesterol Sehat

Manfaat aktivitas fisik untuk kesehatan jantung lainnya adalah meningkatkan kadar kolesterol sehat. Kolesterol sehat atau HDL (high-density lipoproteins) adalah jenis kolesterol yang di butuhkan tubuh untuk melindungi jantung dari berbagai jenis penyakit jantung dengan cara mencegah terjadinya aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah akibat timbunan plak lemak).

Dalam hal ini, kolesterol HDL akan membersihkan arteri dari kolesterol berlebih dan membawanya ke hati untuk menjalani proses metabolisme.

6. Menurunkan Stres

Perlu di ketahui bahwa stres yang berlangsung terus-menerus dapat meningkatkan risiko terjadinya tekanan darah tinggi (hipertensi). Hipertensi sendiri merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung. Secara tidak langsung, stres jangka panjang dapat memengaruhi terjadinya penyakit jantung.

Aktivitas fisik adalah salah satu cara yang dapat di lakukan untuk mengelola stres. Melakukan aktivitas fisik, seperti berolahraga, dapat membantu memperbaiki suasana hati serta kepercayaan diri. Apabila suasana hati membaik, gejala stres pun dapat berkurang.

7. Mengurangi Peradangan Kronis

Olahraga yang di lakukan secara rutin dapat meminimalkan risiko terjadinya peradangan kronis karena tubuh akan memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan tuntutan aktivitas fisik terhadap sistem organ tubuh. Hal ini menjadi faktor penting dalam mengurangi risiko buruk yang bisa di timbulkan oleh berbagai penyakit jantung.

Jika ingin takdir baik, jangan berhenti berbuat baik

Anda Mungkin Juga Suka