Begini Tata Cara dan Prosedur Pembuatan SIM C untuk Pemula

Begini Tata Cara dan Prosedur Pembuatan SIM C untuk Pemula

Otomotif – Jika Anda ingin aman dan nyaman saat mengendarai sepeda, sebaiknya pertimbangkan prosedur pembuatan SIM C terbaru. Surat Izin Mengemudi merupakan sebuah dokumen yang wajib Anda miliki dan bawa saat mengendarai kendaraan bermotor.

Soal perubahan atau pembaruan aturan SIM C tahun 2022, Presiden Jokowi mengatakan, untuk penerbitan kartu SIM dan STNK, seluruh pemohon harus mendaftar ke BPJS Kesehatan.

Di Indonesia, masyarakat cenderung menggunakan sepeda motor untuk beraktivitas. Oleh karena itu, secara hukum, SIM C di perlukan untuk mengendarai sepeda motor secara sah.

Siapa pun yang mengendarai sepeda motor tanpa memiliki SIM melanggar aturan. Pengemudi yang berani mengemudi tanpa surat izin bisa di kenakan sanksi polisi.

Kepemilikan kartu SIM juga di atur dalam Peraturan Polisi Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan Kartu SIM. Peraturan tersebut juga mengatur persyaratan yang harus di penuhi saat hendak membuat SIM.

Artikel ini menjelaskan prosedur pembuatan SIM C terbaru. Apakah ada perubahan? Baca selengkapnya.

Usia Pemohon

Persyaratan pertama untuk membuat SIM C terbaru adalah batasan usia pemohon. Anda harus berusia minimal 17 tahun untuk menerima kartu SIM C.

Usia ini biasanya adalah usia siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Namun SIM C saat ini terdiri dari C, C1, dan C2.

  • 17 (tujuh belas) tahun untuk SIM A, SIM C, SIM D, dan SIM D1
  • 18 (delapan belas) tahun untuk SIM C1
  • 19 (sembilan belas) tahun untuk SIM C2

Lantas, Apa perbedaan antara C dan C1 dan C2? Perbedaannya di tentukan oleh performa mesin motor yang di gunakan. Nah, untuk mengendarai sepeda motor harus menggunakan surat izin yang sesuai dengan keluaran mesin.

SIM C di gunakan bila kapasitasnya 250cc atau kurang. SIM C1 saat ini di tujukan untuk perpindahan dari 250 cc hingga lebih dari 500 cc. Lalu, Anda memerlukan SIM C2 untuk mengendarai sepeda motor dengan kapasitas lebih dari 500cc.

Syarat Buat SIM C Terbaru

Secara umum prosedur pembuatan SIM C terbaru memiliki lima persyaratan. Lima syarat SIM C terbaru adalah:

  • Mengisi formulir pendaftaran SIM secara manual atau mengisi formulir secara elektronik
  • Melampirkan copy KTP elektronik bagi warga negara Indonesia (WNI) atau dokumen imigrasi bagi warga negara asing (WNA).
  • Menyertakan copy sertifikat pendidikan dan pelatihan mengemudi asli yang dikeluarkan sekolah mengemudi dengan akreditasi minimal 6 bulan sejak diterbitkan
  • Menyertakan copy surat izin kerja asli dari kementerian yang membidangi ketenagakerjaan bagi WNA yang bekerja di Indonesia
  • Melaksanakan perekaman biometri berupa sidik jari dan atau pengenalan wajah maupun retina mata
  • Menyerahkan bukti pembayaran penerimaan negara bukan pajak

Pemohon yang ingin mendapatkan SIM C harus memenuhi beberapa syarat di atas setiap tahunnya. Sekilas sebenarnya ada sedikit perbedaan antara persyaratan terbaru dan lama.

Syarat Kesehatan Buat SIM C

Sebelum Anda mendapatkan SIM C , kenali terlebih dahulu beberapa persyaratan kesehatan yang berlaku tahun ini. Semua pelamar wajib mematuhi peraturan kesehatan yang di tentukan oleh polisi.

Pelamar harus menyatakan kondisi kesehatan fisik dan mentalnya sebelum menerima SIM C. Di bawah ini syarat kesehatan lengkap yang bisa Anda ikuti.

Jasmani

  • Penglihatan, menggunakan tes baca huruf dengan jarak
  • Pendengaran, menggunakan tes suara
  • Fisik anggota gerak

Sementara itu, tes kesehatan rohani juga wajib di periksa oleh dokter Polri atau dokter umum yang sudah mendapat rekomendasi dari Pusat Kedokteran dan Kesehatan Polri, atau Bidang Kedokteran dan Kesehatan Kepolisian Daerah.

Hasilnya dapat di buktikan dengan surat keterangan yang di berikan oleh dokter. Surat keterangan tersebut bisa berlaku selama 14 (empat belas) hari sejak di keluarkan oleh yang bersangkutan.

Rohani

  • Kemampuan Kognitif
  • Kemampuan Psikomotorik
  • Kepribadian 

Di luar hal tersebut, ada juga tes psikologi yang dilakukan oleh Psikolog Polri atau di luar Polri yang sudah mendapat rekomendasi. Untuk tes Psikologi bisa digunakan dalam waktu 6 (enam) bulan sejak diterbitkan.

Pembuatan SIM C Terbaru

Bisa di katakan biaya pembuatan SIM C tahun ini cukup murah. Pemohon hanya perlu membayar Rp 100.000 untuk setiap kartu SIM C yang di terbitkan. Harga ini tidak naik di bandingkan versi SIM tahun lalu.

Bagi sebagian orang, nembak SIM merupakan cara yang cepat dan efektif. Namun, biaya yang di keluarkan untuk membuat SIM nembak sangat besar, bahkan lebih mahal di bandingkan dengan biaya membuat SIM resmi.

Pihak oknum biasanya meminta uang berkisar antara Rp500 hingga Rp1 juta untuk satu SIM. Meski biaya SIM nembak ini sangat mahal, nyatanya masih banyak orang yang memilih untuk membuat SIM tersebut dibandingkan SIM resmi.

Prosedur Pembuatan SIM C

Setelah memenuhi seluruh persyaratan di atas, pemohon melalui proses pembuatan kartu SIM-C berikut ini seperti di lansir dari berbagai sumber.

  1. Memakai pakaian dan sepatu yang rapi. Jangan memakai baju warna biru untuk keperluan foto SIM
  2. Mendatangi polres terdekat
  3. Siapkan pasfoto berukuran 3×4 dan fotokopi KTP sebanyak 4 lembar
  4. Melakukan pemeriksaan kesehatan di tempat yang sudah ditentukan pihak polres
  5. Mengumpulkan semua berkas, termasuk surat kesehatan ke dalam map biru, lalu letakkan di loket pendaftaran
  6. Kemudian, petugas loket akan memeriksa berkas tersebut
  7. Jika dianggap sudah memenuhi semua persyaratan, Carmudian akan diminta untuk mengisi formulir permohonan pembuatan SIM C
  8. Selain itu, Carmudian juga akan diminta untuk membayar uang administrasi di loket pembayaran
  9. Petugas akan memanggil nama pemohon satu per satu untuk masuk ke ruang ujian teori
  10. Jika lulus tes teori, pemohon akan diminta untuk melakukan tes praktik mengendarai kendaraan motor secara langsung
  11. Jika lulus tes praktik, pemohon akan melakukan proses identifikasi; pemotretan foto SIM, tanda tangan, serta sidik jari
  12. SIM pemohon akan segera dicetak dan bisa diambil setelah petugas memanggil nama pemohon tersebut

Tidak ada perubahan tata cara penanganan SIM C di masa pandemi Corona-19 saat ini. Namun seluruh pemohon SIM wajib menggunakan masker dan menjaga jarak dengan orang lain. Jadi inilah persyaratan SIM C terbarusaat ini.

Persyaratan ini harus di penuhi oleh semua pemohon tanpa kecuali. Di harapkan yang ingin mendapatkan kartu SIM-C tahun ini bisa menyelesaikan prosesnya tanpa “nembak” oleh siapapun. Ingatlah bahwa memiliki kartu SIM juga di sertai dengan tanggung jawab terhadap diri sendiri dan orang lain.

Jika ingin takdir baik, jangan berhenti berbuat baik

Anda Mungkin Juga Suka