Begini Penyebab Mobil Tiba-Tiba Tidak Bisa di Starter

Begini Penyebab Mobil Tiba-Tiba Tidak Bisa di Starter

Otomotif – Sering kali pengendara mobil mengalami mobil yang di pakainya tak mau hidup saat di starter. Saat mesin mati pasti Anda mungkin menerka-nerka bahwa hal itu di sebabkan oleh aki yang mulai rusak.

Namun ternyata ada hal lain yang bisa menyebabkan mobil tidak bisa di starter yang perlu di ketahui oleh setiap pemilik kendaraan.

Aki yang sudah usang memang menjadi penyebab umum mesin mobil tak bisa di hidupkan karena penurunan kualitas seiring pemakaian. Terlebih, mobil jarang di pakai atau di panaskan sehingga aki menjadi tekor.

Apabila aki tidak bermasalah saat mobil tak di hidupkan, maka Anda perlu memeriksa komponen lain.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan mobil tidak menyala saat di starter. Sebelum Anda membawa mobil ke bengkel, setidaknya Anda mengetahui apa saja komponen-komponen yang berhubungan dengan kondisi mobil tidak bisa di starter.

Berikut beberapa penyebab yang perlu Anda ketahui mengapa mobil tidak bisa di hidupkan.

Busi Kotor

mobil tidak bisa di starter akibat busi kotor

Busi merupakan komponen terpenting dalam ruang pembakaran karena memiliki fungsi sebagai penghantar listrik ketika sistem pengapian. Arus yang di terima busi akan menimbulkan bunga api di ujung busi dan terjadilah kebakaran.

Debu dan Kotoran dapat menghalangi percikan api pada awal proses penyalaan. Oleh karena itu, Anda perlu memeriksa busi dan membersihkannya dengan amplas atau cairan penembus khusus.

Jika mobil masih sulit di hidupkan saat di starter, Anda perlu mengganti busi dengan yang baru.

Aliran Bahan Bakar Terhambat

aliran bahan bakar mobil tidak mengalir

Mobil konvensional memerlukan aliran bahan bakar yang cukup untuk menghidupkan mesin terlebih dahulu. Apabila aliran bahan bakar dari tangki bahan bakar ke mesin tidak terdistribusi sempurna maka mesin tidak dapat di hidupkan.

Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya teman-teman menghubungi layanan bengkel home service untuk mengatasi masalah ini. Pasalnya, tindakan yang perlu di lakukan adalah membersihkan tangki bahan bakar, pompa bahan bakar, filter, dan katup.

Dinamo Starter atau Ampere Rusak

dinamo ampere mobil

Dinamo ampere yang biasa di sebut alternator merupakan bagian penting yang memberikan tenaga pada aki. Jika starter rusak atau bermasalah, bisa jadi ini penyebab mobil tidak mau hidup saat di starter.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa dinamo ampere bukanlah komponen yang mudah rusak. Komponen akan menurun performanya bila usia atau masa pakainya sudah lebih dari delapan delapan tahun.

Bagian Koil Terlalu Panas

penyebab mobil tidak bisa di starter - koil mobil panas

Selain dinamo ampere dan busi, komponen lain yang berperan dalam proses starter mobil adalah koil. Bagian koil berfungsi menggandakan tegangan listrik dan kutub positif dalam jumlah besar ke aki.

Arus listrik ribuan volt mengalir ke busi dan dapat memantik pijaran bunga api. Itu sebabnya koil terlalu panas, maka bisa jadi penyebab mobil sulit di nyalakan saat di starter.

Cara mengatasi masalah koil yang membuat mobil sulit di starter adalah dengan memeriksanya dan menggantinya jika performanya mulai menurun.

Biasanya penyebab mobil tidak mau hidup atau sulit di hidupkan adalah karena bagian dalamnya kotor, tersumbat, atau aus. Oleh karena itu, penting bagi pemilik kendaraan untuk melakukan perawatan rutin di bengkel resmi.

Jika ingin takdir baik, jangan berhenti berbuat baik

Anda Mungkin Juga Suka