Beberapa Tips Obrolan Saat Bertemu Calon Mertua, Biar Lebih Dekat

Beberapa Tips Obrolan Saat Bertemu Calon Mertua, Biar Lebih Dekat

Lifestyle – Satu hal yang mungkin cukup menakutkan dalam suatu hubungan adalah, tradisi berkenalan dengan orang tua pasangan. Sebenarnya bertemu dengan calon mertua tidak selamanya menakutkan, tapi bagi Anda yang baru pertama kali sudah pasti mengalami kebingungan.

Kemampuan berkomunikasi menjadi hal yang perlu di kuasai, apalagi bertemu orang yang jelas kamu segani. Kalau salah bicara sedikit saja bisa jadi menimbulkan kesan yang buruk. Jadi buat Anda yang mau bertemu dengan calon mertua memang perlu persiapan yang matang, salah satunya menyediakan bahan obrolan saat bertemu dengan calon mertua.

Tidak harus terlalu serius, tetapi Anda bisa berbasa-basi dengan bahasa yang masuk akal. Biarkan calon mertua menilai Anda sebagai orang yang mudah di ajak berkomunikasi dan terbuka

Berikut kami berikan tips obrolan saat Anda bertemu dengan Calon Mertua agar lebih akrab:

1. Kondisi Cuaca

Tips bertemu calon mertua

Obrolan terkait kondisi cuaca hari ini bisa menjadi bahan perbincangan menarik yang bisa berlanjut kemana saja, bahkan mungkin sampai ke pengalaman orang tua pasanganmu. Musim hujan bisa menyelamatkan hidupmu jika tidak ada yang ingin kau katakan tentang masa depanmu.

Jika cuaca membuat suhu menjadi dingin, Anda bisa membandingkannya dengan tempat tinggal Anda. Sebenarnya hal itu sangat sepele, namun siapa sangka obrolan ringan seperti itu akan membuat calon mertua Anda merasa antusias.

2. Membicarakan Keadaan Sekitar

membicarakan orang

Mengawali pembicaraan bisa juga dengan sekadar membicarakan hal-hal di sekitar, seperti foto masa kecil calon mertua yang di pajang di pojok rumah dan apa yang kamu lihat, rasakan dan dengar di sekitarmu ketika berhadapan dengan calon mertuamu.

Misalkan Anda mendengar suara kereta api, Anda pasti paham apa yang harus di lakukan, apa yang harus di tanyakan dan apa yang harus di ungkapkan ketika mendengar suara kereta api yang asing untuk Anda.

3. Membicarakan Saudara Kandung Pasangan

membicarakan saudara kandung pacar

Jadikanlah adik atau kakak pasangan Anda sebagai topik pembicaraan, sesederhana bertanya tentang sekolah, pekerjaan, atau bahkan kebiasaan mereka. Apabila pacar Anda mempunyai seorang adik laki-laki, terutama seorang adik laki-laki yang masih kecil dan menggemaskan.

Anda tidak cuma bisa ngobrolin kelucuannya tapi juga menemaninya bermain. Selain kemampuan Anda dalam berkomunikasi, Anda juga bisa menunjukkan kepedulian Anda terhadap anak melalui kelembutan yang Anda tunjukkan kepada mereka.

4. Membicarakan Lingkungan Tempat Tinggal

Tips obrolan saat bertemu calon mertua

Membicarakan lingkungan tempat keluarga pasangan Anda tinggal, mulai dari tradisi hingga suasana, adalah hal yang menarik. Cara termudah dan teraman agar calon mertuamu menjawab pertanyaanmu.

Diskusikan daerah tempat tinggalnya, jika kebetulan Anda mengetahui daerah tersebut Anda bisa berdiskusi agar tidak terlalu garing.

5. Cerita Pengalaman Kesasar Saat Berkunjung Ke Rumah Pasangan

tips obrolan saat bertemu dengan calon mertua

Meski random, cerita tentang Anda tersesat dalam perjalanan berkunjung kerumah pasangan Anda terkesan lucu dan akhirnya mencairkan suasana. Rute perjalanan menjadi topik perbincangan yang menarik.

Anda bisa berlagak bodoh dan menanyakan arah pasti menuju rumah calon pasanganmu. Tak ada salahnya menceritakan kisah hampir kesasar, siapa tahu bisa membuat calon mertua Anda tertawa. Bukan berarti menjadi nilai tambah, namun membuat suasana semakin cair, meski jadi bahan tertawaan.

6. Mengobrol Sambil Menonton TV

mengobrol sambil nonton tv

Ngobrol sambil nonton TV adalah alternatif yang paling menyenangkan, apalagi jika acara TV yang Anda dan calon mertua tonton adalah acara TV favoritnya. Kita tidak bisa berhenti membicarakan tentang suatu hal yang sedang tren atau sesuatu yang sedang viral.

Melihat calon mertua menonton TV bisa menjadi sumber perbincangan, entah itu membicarakan acara TV atau menceritakan hal-hal menarik yang belum di ketahui calon mertua. Anak muda masa kini tentu pandai memulai perbincangan menarik tentang sesuatu yang sedang viral.

7. Membicarakan Hewan Pelihaaraan, Jika Ada!

tips obrolan bertemu calon mertua

Beruntungnya Anda jika keluarga pasangan Anda mempunyai hewan peliharaan, karena itu juga bisa jadi bahan perbincangan. Kalau calon mertua Anda punya anjing, ada baiknya Anda memahami dunia anjing.

Hewan peliharaan adalah kunci ajaib untuk membuka percakapan, membantu calon mertua Anda merasa betah dan berbicara lama dengan Anda,

8. Meminta Nasihat Tentang Karir

Tips bertemu dengan calon mertua

Untuk memulainya, cari tahu dulu pekerjaan orang tua pasangan Anda, barulah Anda bisa meminta nasihat mengenai karier untuk masa depan agar mereka bisa menjadi pelajaran.

Apa pekerjaan orang tua pasanganmu? Jika Anda sudah benar-benar memahaminya, sebaiknya lakukan perbincangan, dengan menggunakan topik yang berkaitan dengan jalur karir calon mertua Anda.

Daripada Anda bingung, mending ngomongin apa yang kamu kuasai, jangan sok pintar, tapi kembangkan ke topik yang di luar kemampuan dan minat calon mertua Anda.

9. Membicarakan Hal-Hal Terkait Pasangan

Bertemu dengan calon mertua

Tidak ada salahnya jika Anda membicarakan hal-hal yang tidak Anda mengerti dari pasangan Anda. Entah itu sikapnya, kepribadiannya, atau kebiasaannya sehari-hari.

Orang tua pasti tahu kekurangan nyeleneh pasangan yang tidak Anda mengerti. Anda bisa bertanya kepada orang tua pasangan Anda untuk hanya sekedar bercanda agar suasana tidak mencekam. Tidak ada gunanya membicarakan masalah serius karena orang tua pacarmu juga tidak terlalu memahamimu.

10. Membicarakan Sembako

Membicarakan sembako bersama mertua

Namanya juga orang tua, membicarakan kebutuhan pokok pasti akan membuat mereka antusias. Jangan remehkan pengetahuan Anda tentang kebutuhan pokok, akan sangat berharga bagi Anda jika suatu saat nanti Anda akan bertemu dengan orang tua pasangan anda.

Basa-basi dengan bahan yang ringan seperti ini bisa menarik minat orang tua pacar Anda karena mereka pasti peduli dan mengerti kebutuhan pokok serta kebutuhan pokok lainnya. Sederhana dan tentunya tidak sulit bukan?

Nah, beberapa gaya percakapan di atas mungkin tidak bisa membantu Anda menghilangkan rasa takut Anda, namun Anda hanya perlu mencoba membuat topik yang menarik perhatian mereka. Anda bisa mencoba cara lain, namun terlebih dahulu Anda perlu memahami latar belakang orang tua pasangan Anda.

Sejutek-juteknya calon mertua Anda pasti ada celahnya, mereka pasti membuka hati dan hubungan Anda dengan pasangan pasti aman.

Jika ingin takdir baik, jangan berhenti berbuat baik

Anda Mungkin Juga Suka