Beberapa Pilihan Kuliner di Kota Cirebon yang Wajib Anda Coba

Beberapa Pilihan Kuliner di Kota Cirebon yang Wajib Anda Coba

Kuliner – Jika Anda sedang melewati Kota Cirebon, tidak ada salahnya mampir sejenak ke tempat makan yang menyajikan kuliner khas daerah ini. Terdapat banyak sekali pilihan hidangan yang super lezat.

Pilihan Kuliner di Kota Cirebon wajib Anda jelajahi untuk melengkapi pengalaman menjelajahi kota ini. Rasanya yang selalu autentik, nikmat dan bikin nagih. Sebagai referensi, simak dulu daftar masakan berikut ini.

Pilihan Kuliner di Kota Cirebon

1. Empal Gentong Krucuk 1

pilihan kuliner di cirebon - Empal Gentong Krucuk 1

Empal gentong merupakan masakan khas daerah Cirebon yang mirip dengan gulai. Kuliner khas ini terdiri dari daging sapi dan babat yang di olah dengan kuah santan dengan bumbu kuning.

Kalau Anda berkunjung ke Cirebon bisa ke rumah makan Empal Gentong Krucuk 1 untuk mencicipi masakan ini. Selain kelezatannya yang tak terbantahkan, harga per porsinya juga tetap terjangkau.

Di restoran Empal Gentong Krucuk 1, Anda tidak hanya bisa memesan empal gentong yang terkenal saja. Ada juga Empal Asem yang rasanya cenderung lebih segar karena menggunakan belimbing dan tomat. Kuahnya juga lebih bening.

  • Lokasi : Jl. Slamet Riyadi No. 5 Kesenden, Krucuk, Cirebon
  • Jam Buka: 06:30 – 22:00 WIB

2. Nasi Jamblang Mang Dul

nasi jamblang mang dul - cirebon

Jika Anda bermalam di Cirebon dan ingin mengisi perut Anda bisa mencoba Nasi Jamblang Mang Dul. Inilah kuliner legendaris yang di sukai banyak penduduk setempat.

Nasi Jamblang merupakan masakan khas Cirebon. Hidangan nasi jamblang di bungkus dengan daun jati. Para tamu dapat memilih lauk pauk sesuai selera mereka di prasmanan.

Biasanya ada sambal goreng, tahu sayur, ati rebus, perkedel, ikan asin dan masih banyak lagi lauk lainnya. Nasi Jamblang Mang Dul terkenal dengan cita rasa lezat dan konsistensi rasa. Tak heran jika banyak orang yang rutin makan di tempat ini.

Pilihan lauknya pun mencapai 30 jenis. Nasi Jamblang Mang Dul biasanya di sajikan dingin.

  • Lokasi : Jl. dr. Cipto Mangunkusumo No.8, Pekiringan, Kec. Kesambi, Cirebon
  • Jam buka: 05:00 – 00:00 WIB

3. Nasi Jamblang Bu Nur

Nasi Jamblang Bu Nur - pilihan kuliner khas cirebon

Pilihan kuliner di Kota Cirebon selanjutnya, yaitu Nasi Jamblang Bu Nur. Warung nasi jamblang Bu Nur buka hingga jam 9 malam. Banyak orang yang mengakui bahwa Nasi Jamblang Bu Nur rasanya jagoan.

Meski porsinya kecil, namun Anda akan puas jika memilih berbagai lauk pauk yang di tawarkan. Selain tahu, tempe, dan telur, ada juga jenis pepes dan tumis cumi hitam.

Salah satu keunggulan nasi jamblang di restoran ini adalah rasanya seperti masakan rumahan. Perpaduan asin, manis dan pedasnya pas. Itu sebabnya Nasi Jamblang Bu Nur selalu ramai di kunjungi, bahkan di malam hari.

  • Lokasi : Jl. Cangkring 2 Nomor 34, Kejaksaan Negeri, Kec. Kejaksan, Cirebon
  • Jam Buka: 07:00 – 21:00 WIB

4. Restoran Kelapa Manis

Restoran Kelapa Manis

Jika Anda sedang mencari restoran keluarga di Cirebon untuk makan, Restoran Klapa Manis adalah jawabannya. Selain menyajikan menu yang beragam dan lezat, restoran ini juga memiliki pemandangan yang indah.

Di restoran ini Anda bisa menikmati masakan khas Sunda dan banyak variasi. Mulai dari Nasi Goreng Ayam, Nasi Goreng Babat Pete, Nasi Merah Ayam Timbel hingga Gurame Tim, semuanya berasa juara.

Restoran ini juga memiliki ruangan yang cukup luas. Jadi, Anda tidak perlu khawatir bila datang rombongan untuk menikmati lezatnya kuliner Cirebon di restoran Klapa Manis.

  • Lokasi: Jl. Raya Gronggong, Patapan, Kec. Beber, Cirebon
  • Jam buka: 10:00 – 21:30/22:00 WIB

5. Restoran Jumbo

Restoran Jumbo - pilihan kuliner di cirebon

Satu lagi restoran di Cirebon yang menawarkan kelezatan kulinernya adalah Restoran Jumbo. Restoran ini menyajikan menu seafood yang lengkap sehingga membuat pengunjung punya banyak pilihan.

Menu andalan di Restoran Jumbo banyak sekali. Anda bisa memesan Kakap Ekor Khas Jumbo. Ikan kakap merah yang di masak dengan petai dan cabai cincang membuat rasanya semakin nikmat.

Kalau suka ayam olahan, terdapat menu Ayam Angsio yang enak. Meski menggunakan ayam kampung, namun dagingnya tetap empuk saat di gigit. Bumbunya juga pas dan sempurna.

  • Lokasi : Jl. Siliwangi No. 191, Kejaksaan Negeri. Kejaksan, Cirebon
  • Jam Buka: 10:30 – 22:00 WIB

6. Mie Colot Cirebon

Mie Colot Cirebon

Jika Anda datang ke Cirebon, jangan lewatkan kesempatan mencicipi Mie Colot, salah satu kuliner khas legendaris yang ada di sini. Warung Mie Colot telah berdiri sejak tahun 1983 dan masih melayani pelanggan hingga saat ini.

Mie Colot mempunyai cita rasa yang unik, berbeda dengan masakan mie lainnya. Tersedia tiga varian yaitu yamin manis, yamin asin, dan yamin asin manis.

Mie ini di sajikan berdampingan dengan semangkuk kuah bakso. Mie Colot Cirebon buka dari siang hingga malam hari. Jadi Anda bisa datang ke tenda ini untuk mencoba saat sedang lapar atau ingin menyantap makanan hangat di malam hari.

  • Lokasi: Jl. Pekalangan No.15, Pekalangan, Kec. Pekalipan, Cirebon
  • Jam Buka: 10.00 – 21.00 WIB

7. Bubur Sop Ayam Kapi

Bubur Sop Ayam Kapi - pilihan kuliner di cirebon

Ingin menyantap sajian yang mampu menghangatkan tubuh saat dingin di malam hari? Anda bisa mencoba menu yang tersedia di Bubur Sop Ayam Kapi. Di sini ada bubur yang di padukan dengan sup dalam mangkuk.

Bubur Sop Ayam Kapi merupakan warung legendaris. Rasanya tidak mengecewakan apalagi di santap saat masih panas. Kuahnya sangat nikmat saat di seruput. Porsi dan toppingnya juga besar.

Yang istimewa dari sop ini adalah nasinya terlihat seperti nasi empuk. Ayam suwir dan banyak lauk pauknya ditaruh di atasnya, membuat bubur ini semakin nikmat. Di jamin kenyang dan puas setelah makan di sini.

  • Lokasi: Jl. Tentara Pelajar No.56, Kejaksan, Kec. Kejaksan, Cirebon
  • Jam buka: 17.00 – 01.30 WIB

8. Urban Chicken

Urban Chicken - cirebon

Satu lagi rumah makan di Cirebon adalah Urban Chicken. Rumah makan ini terkenal karena kelezatan masakan yang di sajikan. Di sini, kamu bisa mencicipi aneka olahan ayam dengan bumbu yang kaya.

Salah satu menu andalan adalah Gending Ayam. Daging ayam di kunyah dengan lembut. Rempah-rempah menghadirkan rasa keseimbangan antara asin dan pedas.

Selain itu ada juga menu yang ada diantaranya Ayam Bakar Wangi, Ayam Tongseng dan Ayam Goreng Madu.

  • Lokasi: Jl. dr. Sudarsono No.33, Kesambi, Kec. Kesambi, Cirebon
  • Jam buka: 11.00 – 21.00 WIB

Itulah beberapa pilihan kuliner yang bisa Anda kunjungi ketika berada di Cirebon. Kalau lewat Cirebon atau justru sengaja berkunjung ke kota itu, jangan ragu untuk mampir dan mencicipi kelezatannya masakan khas cirebon.

Jika ingin takdir baik, jangan berhenti berbuat baik

Anda Mungkin Juga Suka