9 Manfaat Buah Pisang dan Kandungan yang Terkandung Didalamnya

9 Manfaat Buah Pisang dan Kandungan yang Terkandung Didalamnya

Kesehatan – Selain enak dan murah, buah pisang juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Di bawah ini berbagai manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh manusia.

Sepertinya sesuatu yang ada di hadapan kita sering kali tidak di sadari atau bahkan di lupakan. Misalnya saja pisang yang merupakan buah yang “populer” karena begitu terkenal dan di gandrungi oleh masyarakat Indonesia dan dunia. Namun hanya sedikit orang yang mengetahui bahwa apa yang tersimpan di dalamnya sangatlah luar biasa.

Buktinya, buah yang ikonik dengan warna kuning ini menjadi andalan para atlet yang berlatih keras. Pisang berperan penting dalam meningkatkan energi dan meningkatkan daya tahan tubuh para atlet.

Tak hanya menjadi sumber energi, nutrisi pada buah pisang juga mampu membawa jutaan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Bahkan, ibu hamil dianjurkan mengonsumsinya untuk menunjang kehamilannya.

Kandungan Pisang

Kandungan di dalam pisang

Di lansir dari Healthline.com, rata-rata pisang dengan ukuran (126 gram) mengandung nutrisi berikut:

  • Kalori : 112
  • Lemak : 0 gram
  • Protein : 1 gram
  • Karbohidrat : 29 gram
  • Serat : 3 gram
  • Vitamin C : 12% dari DV*
  • Riboflavin : 7% dari DV*
  • Folat : 6% dari DV*
  • Niasin : 5% dari DV*
  • Tembaga : 11% dari DV*
  • Kalium : 10% dari DV*
  • Magnesium : 8% dari DV*

Manfaat Buah Pisang Untuk Tubuh

manfaat buah pisang

Untuk mendapatkan lebih banyak nutrisi dari buah pisang, kita bisa mengonsumsinya dengan mudah dan dengan berbagai cara. Bisa di makan langsung, di tambahkan ke menu sarapan dengan oatmeal hingga di buat smoothies.

Bagaimanapun cara mengonsumsinya, yang terpenting adalah khasiat di dalamnya tetap terjaga dan bisa di proses maksimal di dalam tubuh. Berikut manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh hingga mendukung ibu hamil

1. Meringankan Nyeri Saat Menstruasi

meredakan menstruasi

Nyeri menstruasi merupakan hal yang tidak bisa di hindari bagi beberapa perempuan. Jika Anda salah satu orang yang sering mengalami ini dan harus minum obat, mungkin Anda ingin beralih mengonsumsi pisang.

Pisang kaya akan vitamin B6. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ramuan ini efektif meredakan nyeri PMS (PreMenstrual Syndrome).

2. Menjaga Imunitas Tubuh

manfaat buah pisang untuk meningkatkan imunitas tubuh

Sejak adanya pandemi, imunitas tubuh menjadi isu yang patut di waspadai setiap orang. Kandungan vitamin A, C, dan B6 pada pisang bisa menjadi solusi untuk kegiatan sehari-hari yang lebih fresh dan mencegah depresi

3. Memperlancar Aliran Darah ke Otak

memperlancar darah ke otak

Kalau bicara tentang pencegahan hipertensi, manfaat ini juga menyangkut darah. Pisang kaya akan potasium yang berperan penting dalam menjaga fungsi jantung dan sirkulasi darah.

Otak yang menerima cukup nutrisi dan oksigen yang di angkut oleh darah akan berfungsi lebih baik dalam daya ingat dan berpikir

4. Mampu Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

PIsang menurunkan kadar kolestrol

Pisang kaya akan serat, faktor inilah yang membuatnya mampu menghambat laju pertumbuhan plak pada dinding pembuluh darah dalam tubuh. Tanpa plak, pembuluh darah akan bersih dari timbunan lemak dan kolesterol jahat akan terbuang

5. Kaya Serat Kompleks

manfaat buah pisang yang kaya akan serat

Keunggulan pisang yang pertama adalah terbuat dari serat, yaitu sejenis serat kompleks yang mudah di cerna.

Serat yang dapat di cerna memiliki khasiat yang memperlambat pemecahan makanan sehingga membantu Anda kenyang lebih lama.

Pisang sangat cocok untuk sarapan karena tidak membuat kenyang hingga mengantuk, namun juga membantu perut tidak merasa lapar sehingga dapat memulai aktivitas pagi hari

6. Menjaga Kesehatan Jantung

manfaat buah pisang

Para ahli berpendapat bahwa makanan kaya serat baik untuk kesehatan jantung.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Leeds di Inggris, meningkatkan konsumsi makanan kaya serat seperti pisang dapat menurunkan risiko berbagai masalah jantung.

7. Melancarkan Sistem Pencernaan

manfaat buah pisang untuk melancarkan sistem pencernaan

Pisang memiliki rasa manis yang membantu menciptakan rasa kenyang, sedangkan rasa asam merangsang organ-organ dalam tubuh yang berhubungan dengan sistem pencernaan.

Khasiat buah pisang adalah meningkatkan metabolisme dan memperbaiki sistem pencernaan orang yang menderita gangguan pencernaan seperti sembelit.

8. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

agagasg

Sudah menjadi rahasia umum jika garam tidak baik dan sensitif bagi penderita darah tinggi.

Karena kandungan garam yang rendah pada pisang dan kandungan potasium yang tinggi, manfaat buah pisang juga di rasakan oleh penderita darah tinggi sebagai penetralisir dan pengganti garam.

9. Menghindari Penyakit Ginjal

penyakit ginjal

Kalium penting untuk mengontrol tekanan darah dan menyehatkan fungsi ginjal.

Sebagai sumber potasium yang baik, pisang bermanfaat dalam menjaga kesehatan ginjal. Penelitian mengungkapkan bahwa orang yang makan pisang dua hingga tiga kali seminggu memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit ginjal.

Efek Samping Konsumsi Pisang

efek samping buah pisang

Kandungan dan manfaat pisang memang baik, namun kamu perlu hati-hati. Berikut adalah efek samping mengkonsumsi pisang terlalu banyak:

  • Alergi: Pisang dapat memicu reaksi alergi pada beberapa orang. Umumnya, reaksi yang muncul adalah gatal-gatal, bengkak, atau kesulitan bernapas. Dalam kasus parah, reaksi alergi bisa menyebabkan anafilaksis alias syok karena alergi berat yang dapat membahayakan keselamatan seseorang.
  • Merusak gigi: Gula sudah umum dikenal sebagai musuh kesehatan gigi apabila dimakan secara berlebihan. Pisang merupakan salah satu buah yang memiliki kadar gula cukup tinggi. Bahkan, sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa makan pisang yang berlebihan lebih berpotensi merusak gigi lebih besar dibandingkan coklat atau permen.
  • Migrain: Karena adanya kandungan tyramine dalam buah ini, pisang dapat memicu migrain pada beberapa orang.
  • Sembelit: Pisang memiliki kandungan asam tanat cukup tinggi. Menurut penelitian di jurnal Microbial Ecology in Health and Disease, asam tanat apabila dikonsumsi berlebihan bisa menimbulkan sembelit yang serius.

Untuk menghindari efek samping di atas, konsumsilah pisang maksimal hanya 2 buah per harinya.

Sudah terbukti bahwa buah pisang adalah sumber nutrisi dan energi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain mudah ditemukan di pasaran, buah ini juga bisa diolah menjadi berbagai makanan sehat dan lezat.

Jika ingin takdir baik, jangan berhenti berbuat baik

Anda Mungkin Juga Suka