8 Tips Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil Tanpa ke Bengkel

8 Tips Cara Menghilangkan Jamur Kaca Mobil Tanpa ke Bengkel

Otomotif – Kaca mobil yang bersih dan bebas jamur tidak hanya membuat kendaraan terlihat lebih baik, tetapi juga meningkatkan tingkat keamanan dan kenyamanan berkendara. Jamur pada kaca mobil bisa muncul akibat kelembaban, debu, atau sisa air hujan yang tertinggal.

Meskipun mengunjungi bengkel adalah opsi yang baik, Anda juga bisa menghilangkan jamur pada kaca mobil dengan beberapa langkah sederhana di rumah.

Berikut adalah 8 tips cara menghilangkan jamur kaca mobil tanpa harus ke bengkel:

1. Membersihkan Permukaan Kaca secara Rutin

Salah satu cara paling efektif untuk mencegah jamur adalah dengan membersihkan kaca mobil secara rutin. Oleh karena itu, gunakan cairan pembersih khusus untuk kaca mobil dan lap mikrofiber bersih. Membersihkan kaca secara teratur akan mengurangi peluang jamur untuk berkembang.

2. Hindari Parkir di Tempat yang Teduh dan Lebih Hangat

Jamur cenderung berkembang lebih baik di lingkungan yang lembab dan teduh. Oleh karena itu, hindari parkir kendaraan Anda di tempat yang teduh dan lembab, terutama jika mobil jarang digunakan. Sinar matahari dapat membantu mengeringkan kaca dan mencegah pertumbuhan jamur.

3. Gunakan Pengering Udara atau Silika Gel

Untuk mengurangi kelembaban di dalam mobil, gunakan pengering udara atau silika gel. Letakkan satu atau dua di dalam kendaraan Anda untuk menyerap kelembaban yang dapat menjadi penyebab pertumbuhan jamur.

4. Membersihkan dengan Cuka Putih

Campurkan cuka putih dengan air dalam perbandingan 1:1 dan semprotkan pada kaca mobil yang terkena jamur. Gosok perlahan menggunakan lap mikrofiber hingga jamur terangkat. Cuka putih memiliki sifat anti-jamur dan membersihkan dengan efektif.

5. Pasta Gigi untuk Jamur Kecil

Untuk jamur yang lebih kecil dan lebih sulit diakses, gunakan pasta gigi non-abrasif. Oleskan pasta gigi pada kaca dan gosok dengan sikat lembut atau lap mikrofiber. Bilas dengan air bersih dan keringkan.

6. Menggunakan Minyak Pohon Teh (Tea Tree Oil)

Minyak pohon teh memiliki sifat antijamur dan antibakteri yang efektif. Campurkan beberapa tetes minyak pohon teh dengan air dalam semprotan, lalu semprotkan pada kaca mobil yang terkena jamur. Gosok perlahan dan bersihkan dengan lap bersih.

7. Campuran Air dan Lemon

Campurkan air dengan air perasan lemon dalam wadah semprotan dan semprotkan pada area yang terkena jamur. Gosok menggunakan sikat lembut atau lap mikrofiber, lalu bersihkan dengan air bersih.

8. Krim Penghilang Jamur Kaca Mobil

Di pasaran, terdapat krim khusus yang dirancang untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil. Oleskan krim ini sesuai petunjuk pada kemasan, lalu gosok perlahan menggunakan lap mikrofiber hingga kaca bersih.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menghilangkan jamur pada kaca mobil dengan mudah tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan untuk pergi ke bengkel. Selalu lakukan pembersihan secara rutin dan pencegahan untuk menjaga kaca mobil tetap bersih dan bebas jamur.

Jika ingin takdir baik, jangan berhenti berbuat baik

Anda Mungkin Juga Suka