8 Tempat Wisata di Padang yang Wajib jadi Destinasi Healing

8 Tempat Wisata di Padang yang Wajib jadi Destinasi Healing

Heetpedia – Kota-kota di pulau Sumatera punya daya tarik pantai dan air terjun yang bisa jadi pilihan liburan. Termasuk ragam tempat wisata di Padang, Sumatera Barat. Ada ragam tempat wisata alam yang dapat memberikan ketenangan dan kesegaran untuk melepas penatnya rutinitas kerja.

Dari pantai hingga lembah, semuanya memiliki alam yang memesona. Yuk, cek rekomendasi tempat wisata Padang di bawah ini!

8 Tempat Wisata di Padang

1. Pantai Pasir Jambak

Pantai Pasir Jambak berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, sehingga pemandangannya sangat indah. Khususnya saat matahari terbenam, air laut yang biru tampak cantik karena cahaya matahari yang keemasan.

Di sini, kamu bisa duduk di gazebo atau pinggiran pantai sembari menikmati pemandangan. Kamu juga bisa menyewa sepeda untuk mengelilingi pantai sambil menunggu matahari terbenam.

Selain bersepeda, kamu bisa bermain selancar atau surfing. Penyewaan papan selancar tak jauh dari garis sekitar pantai, tapi pengunjung dilarang untuk terlalu ke tengah laut, ya. Jika kamu tidak terlalu suka keramaian, datanglah di hari biasa. Sebab pantai ini umumnya ramai di akhir pekan.

2. Pantai Air Manis

Pantai selanjutnya terkenal karena jadi lokasi batu Malin Kundang. Pantaii Air Manis juga terkenal akan keindahan alam dengan panorama laut biru dan pasir putih. Air laut di pantai ini jernih, dengan ombak yang tidak terlalu besar. Sehingga para wisatawan yang berlibur ke sini biasanya menikmati suasana pantai sambil berenang, atau berjemur di bawah sinar matahari.

Nah, jangan takut bosan, karena di sini kamu juga bisa menyewa ATV yang rute wahananya ada di sepanjang pantai. Untuk biaya sewanya sekitar Rp100.000 per jam.

3. Pantai Nirwana

Tempat wisata selanjutnya terletak hanya sekitar 14 km dari pusat kota Padang dan tidak jauh dari Pelabuhan Teluk Bayur. Pantai Nirwana memiliki pasir pantai putih dan air laut yang masih jernih.

Di sepanjang pantainya terdapat banyak batu karang dan koral yang bertebaran. Di sekitar pesisir ini ada banyak juga jejeran pohon kelapa yang membuat suasana di sekitarnya menjadi teduh.

Saat sore hari, pantai ini menjadi lokasi yang tepat untuk menikmati matahari terbenam. Apalagi saat air laut surut, batu-batu yang bertebaran di sekitar pantai akan muncul ke permukaan.

Tidak hanya akhir pekan atau hari libur, pada hari-hari biasa pun pantai ini ramai pengunjung.

4. Pulau Pasumpahan

Pulau Pasumpahan terletak di perairan Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Untuk ke sini, pengunjung bisa menggunakan speed boat dari Teluk Bungus yang berada di dekat Kota Padang.

Pulau ini disebut-sebut sebagai salah satu pulau terindah di Sumatera Barat, lho. Salah satu alasannya karena pulau ini memiliki pantai pasir putih dengan terumbu karang yang masih terjaga sehingga menarik banyak wisatawan lokal dan asing.

Menariknya, kamu juga bisa menyaksikan langsung aktivitas nelayan, karena pulau ini seringkali dijadikan tempat berteduh saat sedang menjaring atau menangkap ikan di laut. Kamu juga bisa melakukan snorkeling untuk melihat keindahan terumbu karang yang dipenuhi dengan berbagai jenis ikan karang yang berwarna-warni.

Suasananya pun tenang dan sunyi, sehingga pas dikunjungi bagi kamu yang berlibur untuk beristirahat sejenak dari keriuhan kota.

5. Pulau Sikuai

Pulau Sikuai memiliki luas sekitar 44 hektar yang menyajikan ragam destinasi alam lengkap. Salah satu wisata unggulannya adalah Pantai Pulau Sikuai, dengan pasir putih dan ombak biru jernih yang dikelilingi bukit indah serta hutan yang bawa udara sejuk.

Pepohonan hijau rimbun tumbuh di sepanjang bibir pantai yang memberikan suasana asri di tempat ini. Pengunjung bisa melakukan snorkeling, memancing, bermain banana boat, dan menaiki perahu. Semuanya untuk menikmati langsung kosistem di bawah laut pantai yang masih terjaga.

Tak hanya itu, kamu juga bisa hiking. Untuk bisa sampai ke puncak bukitnya hanya di perlukan waktu sekitar 30 menit hingga 50 dengan jalan kaki. Rute yang di lewati pun berupa tangga, sehingga cukup mudah.

Dari atas bukit ini, pengunjung dapat melihat keindahan Pulau Sikuai yang membentang luas. Bahkan menikmati sunset terindah dengan hamparan lautan Pantai Sikuai.

6. Air Terjun Lubuak Tampuruang

Air Terjun Lubuak Tampuruang terletak di Kampung Guo, Kecamatan Kuranji, Kota Padang. Untuk menuju lokasi, pengunjung harus melewati jalur trekking yang cukup menantang selama kurang lebih 20 menit.

Saat perjalanan, kamu dapat menikmati pemandangan kota dari ketinggian. Jalurnya pun dikelilingin oleh kebun rambutan dan durian, sehingga perjalanan dapat dilalui dengan teduh. Lingkungannya masih sangat alami dengan udara yang sejuk. Kolamnya memiliki warna hijau lumut dengan kedalaman sekitar 2 sampai 3 meter.

Air terjun ini selalu ramai dikunjungi, terutama saat akhir pekan dan hari libur. Untuk bisa ke sini, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp3.000 per orang (di luar biaya parkir).

7. Air Terjun Lembah Anai

Lembah Anai ini di sebut unik karena letaknya yang berada di pinggir Jalan Raya Padang-Bukittinggi, kaki Gunung Singgalang. Air terjun yang merupakan salah satu ikon Kota Padang ini memiliki tinggi kurang lebih 36 meter, dan air yang jernih juga segar.

Destinasi wisata ini ramai pengunjung karena pemandangannya yang di kelilingi oleh hutan hijau nan lebat, sehingga sangat menyegarkan mata. Untuk menuju ke air terjun, jalur yang di lewati tidak begitu sulit atau jauh. Cukup menaiki beberapa anak tangga dan berjalan sedikit, kamu bisa langsung sampai di dekat air terjun.

Di sekitar tempat wisata ini juga terdapat banyak kuliner. Biaya masuk yang di tarifkan pun sangat terjangkau, sekitar Rp5.000 per orang.

8. Lubuk Paraku

Lubuk Paraku adalah salah satu tempat wisata Padang yang populer karena kesejukan dan kebersihan alamnya. Tidak hanya pemandangan hijaunya, pengunjung juga bisa bermain atau mandi di sungai yang di jadikan sebagai objek pemandian alami.

Sumber air yang mengalir di sungai ini di percaya masih sangat murni tanpa ada polusi di dalamnya. Di atasnya, pengunjung bisa melihat kabut putih dari sungai yang mengepul sehingga menutupi permukaan air. Airnya pun berwarna kebiruan, sangat bersih dan segar.

Di sini kamu bisa memancing ikan, melihat pemandangan capung dan kupu-kupu, serta camping dengan pemandangan yang menyenangkan. Tiket masuknya hanya sekitar Rp5.000 per orang. Plusnya, pengelola tempat wisata ini membebaskan biaya parkir, lho.

Itu dia 8 tempat wisata di Padang dapat jadi pilihanmu untuk melepas penat kerja atau outing kantor. Sebelum berkunjung, pastikan kamu mencari informasi detail seputar tips berlibur ke wisata tersebut, rute, dan biaya tambahan jika di perlukan.

Dengan begitu, liburanmu akan berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Nah, untuk melengkapi persiapanmu jalan-jalan atau healing, Glints sudah siapkan ragam tips untukmu.

Jika ingin takdir baik, jangan berhenti berbuat baik

Anda Mungkin Juga Suka