8 Kuliner Khas Aceh yang Menggugah Selera, Wajib Anda Coba!

8 Kuliner Khas Aceh yang Menggugah Selera, Wajib Anda Coba!

Kuliner – Aceh, sebuah provinsi yang terletak di ujung barat Pulau Sumatra, Indonesia, tidak hanya di kenal karena keindahan alamnya yang memesona, tetapi juga karena kekayaan kuliner tradisionalnya yang lezat dan unik.

Jika Anda seorang pecinta kuliner atau sedang berkunjung ke Aceh, jangan lewatkan untuk mencicipi 8 kuliner khas Aceh terbaik yang akan memanjakan lidah Anda.

Kuliner Khas Aceh Wajib Dicoba

1. Mie Aceh

Mie Aceh adalah hidangan mie yang di olah dengan bumbu khas Aceh yang kaya rempah. Ada dua jenis Mie Aceh, yaitu Mie Aceh Goreng dan Mie Aceh Kuah. Kuahnya yang kental dan bumbunya yang pekat membuat Mie Aceh menjadi hidangan yang sangat lezat dan memikat selera.

2. Nasi Gurih Aceh

Nasi Gurih Aceh adalah nasi yang di masak dengan santan dan rempah-rempah khas Aceh. Biasanya di sajikan dengan lauk-pauk seperti rendang, sambal, dan telur balado. Kelezatan nasi gurih Aceh tak hanya berasal dari rempahnya, tetapi juga dari kekayaan cita rasa santan yang menggoyang lidah.

3. Rendang Aceh

Rendang, yang terkenal di seluruh Indonesia, memiliki variasi khas di Aceh. Di Aceh sendiri, rendang memiliki cita rasa pedas yang kuat dan daging yang empuk. Proses memasaknya yang lambat membuat rempah-rempah meresap sempurna ke dalam daging, menciptakan hidangan yang lezat dan mendalam.

4. Kuah Beulangong

Kuah Beulangong adalah hidangan berkuah yang terbuat dari ikan tongkol yang di masak dengan bumbu khas Aceh. Kuahnya yang gurih dan pedas sangat menggugah selera. Biasanya di sajikan dengan nasi putih dan sambal untuk meningkatkan kenikmatannya.

5. Sate Matang

Sate Matang adalah sate khas Aceh yang terbuat dari daging sapi atau kambing yang di potong kecil dan di tusuk dengan bambu, kemudian di panggang. Makanan ini di sajikan dengan bumbu kacang yang khas, memberikan sentuhan rasa manis dan pedas yang sempurna.

6. Martabak Mesir

Martabak Mesir adalah sejenis martabak khas Aceh yang terbuat dari adonan terigu yang di goreng dengan balutan telur. Isiannya bisa berupa daging sapi, telur, bawang, dan rempah-rempah. Martabak Mesir seringkali di sajikan dengan saus kacang atau saus cabai untuk menambah kenikmatannya.

7. Kopi Gayo

Aceh di kenal sebagai penghasil kopi berkualitas tinggi, dan Kopi Gayo adalah salah satu jenis kopi yang paling terkenal. Kopi Gayo memiliki aroma yang kuat dan cita rasa yang khas, membuatnya menjadi pilihan sempurna bagi pecinta kopi.

8. Seruit

Seruit adalah hidangan tradisional Aceh yang terbuat dari ikan tuna atau tongkol yang di olah dengan bumbu khas Aceh. Tekstur ikan yang empuk dan kuahnya yang kaya rempah membuat Seruit menjadi hidangan yang lezat dan unik.

Jadi, jika Anda berkunjung ke Aceh, pastikan untuk mencicipi kekayaan kuliner tradisionalnya yang memikat lidah. Dari Mie Aceh hingga Rendang, setiap hidangan akan membawa Anda dalam petualangan rasa yang tak terlupakan di negeri yang penuh keindahan alam dan kelezatan kuliner.

Jika ingin takdir baik, jangan berhenti berbuat baik

Anda Mungkin Juga Suka