8 Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan yang Alami dan Aman

8 Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan yang Alami dan Aman

Kesehatan – Sakit tenggorokan memang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Untuk menghindari kondisi tersebut, ada berbagai cara untuk mengatasi sakit tenggorokan, termasuk dengan mengonsumsi obat-obatan alami.

Obat alami merupakan pengobatan sakit tenggorokan yang di anggap aman jika gejalanya tidak terlalu parah dan di gunakan dalam jumlah yang cukup. Obat alami ini bisa Anda gunakan dengan mudah di rumah karena bahannya tidak sulit  di temukan.

Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan Alami dan Aman

1. Madu

cara mengatasi sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan bisa jadi merupakan gejala  penyakit GERD, yaitu gangguan pada sistem pencernaan. Oleh karena itu, madu bisa menjadi pilihan sebagai obat sakit tenggorokan alami karena di nilai aman untuk saluran pencernaan.

Madu memiliki sifat antioksidan, antibakteri dan anti-inflamasi yang dikenal efektif mengobati sakit tenggorokan. Anda bisa mengonsumsi madu secara langsung atau dengan mencampurkannya dengan teh dan minuman sehat lainnya

2. Air Garam

air garam dan air hangat

Air garam merupakan bahan alami  obat sakit tenggorokan selanjutnya. Benar sekali, air garam merupakan larutan  antiseptik sehingga mampu memperlambat dan mencegah tumbuhnya bakteri penyebab sakit tenggorokan.

Selain itu, air garam juga dapat mengeluarkan lendir yang  menumpuk akibat hidung tersumbat atau dahak. Anda bisa melarutkan satu sendok teh garam beryodium ke dalam secangkir air hangat. Selanjutnya, berkumurlah dengan air garam hangat  selama 30 detik.

Anda bisa melakukan ini 3 sampai 4 kali sehari sampai sakit tenggorokan Anda hilang

3. Air Lemon

perasan air lemon mengatasi sakit tenggorokan

Air lemon kaya akan vitamin C yang memperkuat imunitas tubuh dan mempercepat proses penyembuhan sakit tenggorokan. Selain vitamin C, air lemon juga mengandung senyawa astringen yang mampu mengurangi peradangan dan pembengkakan pada tenggorokan

4. Kunyit

tumbukan kunyit

Karena mengandung senyawa  antibakteri, kunyit dapat di gunakan sebagai obat alami untuk mengatasi sakit tenggorokan. Anda bisa menghancurkan dan merebus sebagian bumbu kuning  dalam air untuk mendapatkan cairannya.

Kemudian ramuan jamu itu di minum sehari sekali. Anda juga bisa mencampurkan madu serta remasan air lemon dengan larutan air kunyit untuk hasil yang lebih optimal

5. Cuka Sari Apel

cuka sari apel - mengatasi sakit tenggorokan

Obat sakit tenggorokan alami selanjutnya adalah cuka sari apel. Cuka sari apel mengandung senyawa antibakteri sehingga mampu mengurangi rasa sakit pada sakit tenggorokan.

Untuk menggunakannya, Anda bisa melarutkan 1 hingga 2 sendok makan cuka sari apel ke dalam secangkir air. Kemudian, bilas mulut Anda secara rutin dengan larutan cuka sari apel  setiap 3 hingga 4 jam

6. Sari Akar Licorice

sari akar manis

Licorice atau biasa di kenal dengan  akar manis merupakan  tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat berbeda. Ya, sari akar licorice  bisa di jadikan  obat alami sakit tenggorokan.

Karena minuman herbal ini membantu mengencerkan  lendir hingga melegakan tenggorokan. Selain itu, sari akar licorice juga bisa mengurangi peradangan yang terjadi pada tenggoroka.

7. Teh Jahe

teh jahe

Rekomendasi cara mengatasi sakit tenggorokan alami selanjutnya adalah teh jahe. Teh jahe mengandung gingerol yang memiliki efek antiinflamasi dan analgesik, sehingga dapat mengurangi rasa sakit akibat sakit tenggorokan. Minumlah teh jahe hangat untuk mengurangi sakit tenggorokan dengan lebih optimal.

8. Bawang Putih

bawang putih mengatasi sakit tenggorokan

Selain sebagai obat alami yang membantu meredakan sakit gigi, bawang putih juga dapat membantu mengobati sakit tenggorokan. Bawang putih di ketahui mengandung senyawa allicin yang memiliki sifat antibakteri sehingga dapat mengobati sakit tenggorokan akibat infeksi bakteri.

Bawang putih bisa langsung di kunyah untuk di gunakan sebagai obat sakit tenggorokan alami.

Inilah rekomendasi cara mengatasi sakit tenggorokan alami yang aman dan mudah di temukan.

Ingatlah bahwa penggunaan obat alami ini di maksudkan untuk membantu meringankan gejala ringan. Jika gejala yang Anda alami cukup parah dan penggunaan obat alami  tidak efektif, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Jika ingin takdir baik, jangan berhenti berbuat baik

Anda Mungkin Juga Suka