7 Tempat Wisata Terbaik Semarang, Cocok untuk Akhir Tahun 2023

7 Tempat Wisata Terbaik Semarang, Cocok untuk Akhir Tahun 2023

Tempat Wisata – Inilah beberapa tempat wisata terbaik Semarang akhir tahun 2023 yang terpopuler dan wajib Anda kunjungi saat berkunjung ke Kota Semarang.

Kalau bicara pariwisata di Jawa Tengah, Solo dan sekitarnya mungkin yang paling populer di kalangan wisatawan. Namun ternyata Kota Semarang juga punya banyak tempat wisata yang layak untuk di kunjungi.

Mulai dari taman bermain hingga tempat wisata alam yang instagramable, Semarang punya semuanya dan wajib di kunjungi saat berada di wilayah Jawa Tengah ini.

Untuk lebih jelasnya, tidak semuanya berada di dalam kota semarang, ada pula yang berada cukup jauh di luar kota atau di dalam kota semarang.

Berikut beberapa Tempat wisata Terbaik di Kota Semarang terpopuler Akhir tahun 2023 yang wajib di kunjungi menurut laporan dari berbagai sumber.

1. Lawang Sewu

Tempat wisata terbaik di semarang - lawang sewu

Tempat Wisata Terbaik Semarang terpopuler akhir tahun 2023 yang pertama harus Anda kunjungi adalah Lawang Sewu. Inilah tempat wisata yang mewakili kota semarang.

Lawang Sewu adalah bekas markas besar Perusahaan Kereta Api Hindia Timur Belanda. Selain itu, gedung ini juga di gunakan sebagai kantor Otoritas Perkeretaapian Repoeblik Indonesia dan Departemen Prasarana Komando Daerah Militer.

Saat ini Lawang Sewu telah di hidupkan kembali dan di lestarikan sebagai museum dan objek wisata. Lawang Sewu merupakan salah satu landmark di Semarang yang populer dan terkenal dengan jumlah pintunya yang banyak.

Konon totalnya ada kurang dari 1.000 pintu, Anda bisa membuktikan sendiri untuk berjunjung kesini.

Harga tiket masuk : Rp 10.000 – Rp 30.000

2. Saloka Theme Park

Saloka Theme Park

Tempat wisata kedua yang wajib di kunjungi di Kota Semarang Akhir tahun 2023 adalah Saroka Theme Park.

Saroka Theme Park atau Taman Saroka adalah sebuah taman bermain besar yang terletak di Kabupaten Semarang, sekitar satu jam perjalanan dari Kota Semarang.

Letaknya tidak jauh dari Danau Pening dan mudah di jangkau dari Ungaran dan Salatiga.

Taman Saloka merupakan taman bermain terbesar di Jawa Tengah. Salah satu wahana ekstrim adalah Bengak Bengok. Yang merupakan wahana berbentuk lingkaran yang dapat bergerak berputar-putar, bergerak maju mundur dengan cepat, bahkan dapat di miringkan hingga 90 derajat.

Ada pula wahana bernama Pakubumi yang turun dari ketinggian 38 meter dan berhenti dengan kecepatan tinggi. Taman Saroka sangat luas sehingga taman bermain ini terbagi menjadi lima bagian. Setiap bagian mempunyai tema tersendiri.

Jangan lupa untuk menikmati indahnya pemandangan Lawa Penine dari beberapa wahana lain yang cukup tinggi.

3. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti semarang

Tempat wisata di semarang ini terletak di kaki gunung ungaran, dimana Anda tidak hanya bisa menikmati udara segar namun juga indahnya panorama alam semarang dari ketinggian.

Tempat ini menawarkan beragam aktivitas outbound seru, kolam renang dengan air pegunungan yang sejuk, dan kafe dengan pemandangan indah. Anda juga bisa menginap di villa dan akomodasi resor di Umbul Sidmukti.

Harga tiket masuk : Rp 15.000

4. Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang

Sesuai dengan namanya Kota Lama Semarang merupakan kawasan kota Semarang yang terkenal dengan bangunan bersejarahnya. Kota Lama Semarang terkenal dengan banyaknya bangunan unik bergaya Eropa kuno yang di lestarikan melalui proses konservasi dan regenerasi.

Di sini Anda dapat mengambil foto di depan berbagai bangunan bergaya Eropa atau bersantai di Taman Sriguntung yang terletak di pusat kota. Kunjungi juga Gereja Blenduk, gereja Kristen tertua di Jawa Tengah dengan kubah ikoniknya. Asyiknya ngopi di kafe-kafe di kawasan ini.

Harga tiket masuk : Gratis

5. Pagoda Avalokitesvara

Pagoda Avalokitesvara - tempat wisata terbaik di semarang

Pagoda Avalokitesvara merupakan menara tertinggi di Indonesia dengan tinggi 45 meter. Menara ini merupakan salah satu dari dua bangunan utama Vihara Buddhagaya Watugong – bangunan utama lainnya adalah Pagoda Dhammasala.

Selain menjadi pagoda tertinggi di Indonesia, Pagoda Avalokitesvara juga sangat indah di malam hari. Tak heran jika vihara ini menjadi salah satu tempat wisata di Semarang yang wajib dikunjungi. Setidaknya untuk berfoto dengan latar belakang pagoda cantik ini.

Tiket Masuk: Tidak ada tiket masuk. Pengunjung dapat menyumbang jika mereka mau.

6. Dusun Semilir Eco Park

Dusun Semilir Eco Park - tempat wisata terbaik semarang

DDusun Semilir Eco Park merupakan salah satu tempat wisata baru di Semarang yang di buka pada awal tahun 2019. Meski demikian, keunikan bentuk eksterior dan interior bangunannya dengan cepat membuat tempat wisata ini menjadi salah satu tempat favorit warga Semarang dan sekitarnya.

Bangunan Dusun Semilir Eco Park di rancang dengan gaya stupa candi Borobudur, dengan bahan bangunan utama kayu. Tempat ini juga mempunyai banyak spot foto yang bagus, sehingga tak heran jika banyak wisatawan yang datang ke sini untuk berfoto.

Dusun Semilir Eco Park juga memiliki beragam aktivitas menarik, antara lain restoran dengan pemandangan indah dan seluncuran warna-warni yang menjadi salah satu landmark tempat ini.

Tiket Masuk : Rp 20.000 (weekdays) dan Rp 25.000 (weekend)

7. Kampung Pelangi

Jawa Timur tidak hanya punya Malang tapi juga Kampung Pelangi Jodipan. Sesuai dengan namanya, desa yang dulunya di sangka kumuh ini kini menjelma menjadi desa dengan warna cerah bak pelangi.

Warna dinding, atap, dan jalanan Kampung Pelangi juga memberikan kesan unik dan cerah. Tak heran jika desa ini kerap menjadi tempat wisata Instagrammable bagi wisatawan yang menginap di Semarang.

Jika ingin takdir baik, jangan berhenti berbuat baik

Anda Mungkin Juga Suka