7 Rekomendasi Kuliner Khas Pekalongan yang Wajib Anda Coba

7 Rekomendasi Kuliner Khas Pekalongan yang Wajib Anda Coba

Kuliner – Makanan khas suatu daerah merupakan kekayaan penting bagi suatu daerah. Sebab, makanan khas tersebut mungkin mencerminkan budaya dan keberagaman suatu daerah tertentu.

Indonesia juga merupakan surganya kuliner yang menggugah selera dan beragam. Misalnya saja daerah Pekalongan yang juga banyak mempunyai kuliner khas.

Hidangan khas Pekalongan bisa menjadikannya destinasi wisata kuliner terbaik untuk Anda.

Masakan khas Pekalongan mempunyai banyak ragam dengan cita rasa yang berbeda-beda. Namun yang pasti makanan istimewa ini pasti memiliki cita rasa kelas satu dan nikmat luar biasa.

Sebelum mengetahui apa saja makanan khas daerah ini, pelajari dulu seperti apa kota Pekalongan pada artikel berikut ini.

Mengetahui Kota Pekalongan

Anda pasti pernah mendengar kota yang satu ini. Kota Pekalongan merupakan salah satu kabupaten besar di Jawa Tengah.

Bahkan, baik secara internasional maupun nasional, kota ini terkenal sebagai salah satu sentra produksi batik yang memiliki motif yang sangat beragam dan indah. Ternyata Pekalongan juga punya ciri khas lain, kuliner khas Pekalongan juga banyak.

Kota Pekalongan mungkin bisa menjadi tempat yang tepat untuk liburan wisata kuliner. Ada banyak kuliner khas Pekalongan yang wajib Anda coba saat berkunjung ke kota ini.

Berikut 7 rekomendasi kuliner khas daerah Pekalongan!

Daftar Kuliner Khas Pekalongan

Dan bagi yang berencana ke Pekalongan, kami rekomendasikan 7 Kuliner Khas Pekalongan yang wajib di coba dan pasti akan menggugah selera.

1. Sego Megono

sego megono kuliner khas pekalongan

Rekomendasi masakan khas Pekalongan yang pertama adalah Sego Megono. Hidangan khas ini terdiri dari nasi dan olahan sayuran nangka muda. Nangka muda sego megono di potong kecil-kecil.

Hidangan Sego Megono ini biasa di jadikan sarapan pagi oleh masyarakat adat Pekalongan. Namun menu ini juga tersedia sebagai menu makan siang atau menu malam.

Anda juga bisa menambahkan berbagai produk siap saji lainnya ke dalam lauk itu sendiri.

2. Tauto

 

Tauto Soto Khas Pekalongan

Tauto merupakan masakan khas Pekalongan yang kedua. Kuliner ini di olah dari soto, namun di tambahkan tauco pada bumbunya.

Di sinilah letak keunikan dari tout ini, karena menggunakan tauco sebagai bumbu tambahan dalam pembuatan touto ini.

Tauto sendiri berbentuk soto, jadi bisa di tambah daging. Dagingnya sendiri bisa bermacam-macam, mulai dari ayam, sapi, bahkan kerbau.

Itu semua tergantung pada preferensi pribadi. Pelengkap toutnya adalah sambal khas Pekalongan dengan rasa yang pedas.

3. Pindang Tetel

pindang tetel

Walaupun namanya pindang tetel, olahan ini tidak mengandung ikan sama sekali. Melainkan tetelan sapi. Pindang Tetel merupakan salah satu kuliner khas Pekalongan yang wajib Anda coba saat berkunjung ke kota ini.

Dalam proses memasak makanan ini biasanya di tambahkan kluak atau kluwek untuk memberi warna gelap, seperti halnya memasak daging mentah di Jawa Timur.

Sajian pindang tetel ini semakin lengkap jika di sajikan dengan kerupuk warna-warni sehingga semakin menggugah selera.

4. Kluban

makanan kluban

Masakan Kluban kemungkinan besar mirip dengan masakan Kulupan yang terdapat di Jawa Timur.

Masakan khas Pekalongan ini terdiri dari kubis rebus, kacang panjang, bayam, tauge, dan kangkung yang dicampur dengan kelapa parut.

Hidangan khas kluban ini biasanya identik dengan rasa pedas dan di sajikan saat lebaran.

5. Ongol-Ongol

ongol-ongol merupakan kuliner khas pekalongan

Kuliner khas Pekalongan ini lebih tepat disebut sebagai jajanan atau makanan ringan. Hidangan ini disebut Ongol Ongol.

Ongol Ongol di buat dengan mencampurkan tepung sagu dengan gula merah atau gula jawa sebagai pelengkap. Banyak orang menyukainya karena manis dan beraroma, namun mengenyangkan.

6. Lontong Lemprak

lontong lemprak

Menu ini mengusung ayam kampung sebagai hidangan utama. Ayam kampung yang di goreng kemudian dengan kuah yang kaya aroma dan rempah.

Hidangan khas Pekalongan ini mungkin hampir sama dengan Soto, namun di Pekalongan menu ini di sajikan dengan kue beras.

7. Garang Asem

garang asam khas pekalongan

Garang Asem menjadi kuliner Pekalongan terpopuler selanjutnya yang wajib Anda coba saat berkunjung ke kota ini.

Masakan khas Pekalongan ini dibuat dengan cara memasak tetelan daging sapi hingga empuk dan di beri kuah asam jawa yang bening dan segar.

Masyarakat Pekalongan biasanya menikmati masakan ini dengan tambahan jeroan sapi dan telur ayam. Beberapa orang lebih menyukai rasa pedas dan menambahkan cabai ke dalam kuah garang asemnya.

Jika ingin takdir baik, jangan berhenti berbuat baik

Anda Mungkin Juga Suka