7 Rekomendasi Kuliner Khas Indramayu yang Menggugah Selera

7 Rekomendasi Kuliner Khas Indramayu yang Menggugah Selera

Kuliner – Kota Indramayu, yang terletak di pesisir utara Jawa Barat, bukan hanya di kenal sebagai kota industri, tetapi juga memiliki kekayaan kuliner yang luar biasa. Kuliner khas Indramayu tidak hanya lezat, tetapi juga mencerminkan keanekaragaman budaya dan tradisi yang kental.

Berikut adalah tujuh rekomendasi kuliner khas Kota Indramayu yang patut di coba:

1. Nasi Lengko

Nasi Lengko adalah hidangan khas Indramayu yang terdiri dari nasi putih yang di sajikan dengan lauk-pauk seperti tahu, tempe, tauge, dan lentho (perkedel kacang hijau). Semua lauk di siram dengan kuah kacang kental yang bercampur dengan bumbu rempah-rempah. Kelezatan Nasi Lengko berasal dari kombinasi cita rasa gurih dan pedas yang menggoda selera.

2. Sate Blengong

Sate Blengong merupakan hidangan unik yang menggunakan daging burung blengong sebagai bahan utama. Daging burung blengong di potong kecil-kecil, di tusuk, dan kemudian di bakar.

Sate ini biasanya di sajikan dengan bumbu kacang yang kaya rempah, memberikan cita rasa yang berbeda dan lezat.

3. Tahu Gejrot

Tahu Gejrot adalah camilan khas Indramayu yang terbuat dari tahu goreng yang di cemplungkan ke dalam bumbu gejrot yang pedas dan asam. Bumbu gejrot terbuat dari campuran petis, gula merah, bawang putih, dan cabai rawit. Keunikan rasa Tahu Gejrot membuatnya menjadi favorit para penggemar kuliner khas Indramayu.

4. Soto Bangkong

Soto Bangkong adalah versi soto khas Indramayu yang menggunakan daging kambing sebagai bahan utama. Kuah soto yang gurih di padu dengan rempah-rempah khas memberikan cita rasa yang lezat. Soto Bangkong biasanya di sajikan dengan nasi, tauge, dan daun bawang.

5. Gethuk Lindri

Gethuk Lindri adalah makanan tradisional khas Indramayu yang terbuat dari singkong yang di haluskan, di campur dengan kelapa parut, dan di beri gula kelapa.

Makanan ini biasanya di bentuk menjadi silinder panjang dan di sajikan dalam potongan-potongan kecil. Gethuk Lindri memiliki rasa manis dan kenyal yang memanjakan lidah.

6. Kue Wajik

Kue Wajik adalah kudapan tradisional yang terbuat dari ketan yang di masak dengan kelapa parut dan gula merah. Adonan ketan kemudian di padatkan dan di potong-potong menjadi bentuk wajik. Kue ini memiliki tekstur kenyal dan kaya akan rasa gula merah yang legit.

7. Empal Gentong

Empal Gentong adalah hidangan khas Indramayu yang terdiri dari daging sapi yang di masak dalam kuah santan yang kaya rempah. Kuahnya yang gurih dan pedas membuat hidangan ini sangat lezat dan cocok dinikmati dengan nasi hangat.

Jika Anda berkesempatan mengunjungi Kota Indramayu, jangan lewatkan untuk mencoba keberagaman kuliner khasnya. Setiap hidangan mencerminkan warisan budaya dan kekayaan kuliner yang telah diwariskan dari generasi ke generasi. Selamat menikmati kuliner khas Kota Indramayu!

Jika ingin takdir baik, jangan berhenti berbuat baik

Anda Mungkin Juga Suka