6 Makanan Indonesia yang Dijual Super Mahal di Luar Negeri

6 Makanan Indonesia yang Dijual Super Mahal di Luar Negeri

Lifestyle – Indonesia tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, tetapi juga dengan kelezatan masakannya. Tidak jarang makanan khas Indonesia menjadi favorit di luar negeri. Namun, terkadang harga makanan-makanan tersebut di pasar internasional bisa jauh lebih mahal daripada di Indonesia.

Berikut ini adalah enam makanan Indonesia yang ternyata dijual dengan harga super mahal di luar negeri:

1. Kopi Luwak

Kopi Luwak merupakan salah satu kopi paling mahal di dunia. Proses pembuatannya yang melibatkan musang luwak untuk mencerna biji kopi sebelum kemudian biji kopi tersebut di petik dari kotoran musang, membuatnya memiliki cita rasa yang unik dan istimewa. Di luar negeri, harga kopi luwak bisa mencapai puluhan hingga ratusan dolar per poundnya.

2. Rendang

Rendang, masakan khas Minangkabau yang terbuat dari daging sapi yang di masak dalam santan dan rempah-rempah, telah mendapatkan pengakuan sebagai salah satu masakan terenak di dunia. Karena proses memasak yang memakan waktu dan menggunakan bahan-bahan rempah yang khas, rendang sering kali di jual dengan harga yang tinggi di restoran-restoran mewah di luar negeri.

3. Nasi Goreng

Meskipun terlihat sederhana, nasi goreng adalah salah satu makanan Indonesia yang sangat populer di berbagai belahan dunia. Harga nasi goreng di restoran-restoran Indonesia mungkin terjangkau, tetapi di restoran Indonesia di luar negeri, harga nasi goreng bisa jauh lebih mahal, terutama jika di sajikan dengan bahan tambahan yang mewah seperti udang atau daging sapi.

4. Sate

Sate merupakan makanan yang terdiri dari potongan daging yang di tusuk dan di panggang kemudian di sajikan dengan bumbu kacang. Di Indonesia, sate adalah makanan yang biasa di jumpai di warung-warung pinggir jalan dengan harga yang terjangkau. Namun, di restoran-restoran Indonesia di luar negeri, sate sering kali di jual dengan harga yang jauh lebih mahal karena di anggap sebagai makanan eksotis.

5. Durian

Durian, buah yang terkenal dengan aroma yang kuat dan daging buah yang lembut dan manis, juga menjadi salah satu makanan Indonesia yang di hargai tinggi di pasar internasional. Di beberapa negara di Asia dan Eropa, harga durian bisa sangat mahal, terutama untuk jenis durian premium atau durian musang king.

6. Rujak

Rujak adalah salah satu camilan favorit di Indonesia yang terbuat dari potongan buah-buahan segar yang di campur dengan saus yang pedas dan manis. Meskipun mudah di temukan di pasar tradisional Indonesia dengan harga yang terjangkau, di luar negeri, rujak sering kali di jual dengan harga yang cukup mahal karena di anggap sebagai makanan eksotis dan sehat.

Demikianlah enam makanan Indonesia yang ternyata dijual dengan harga super mahal di luar negeri. Meskipun harganya mahal, tetapi kelezatan dan keunikan makanan-makanan tersebut tetap membuatnya di minati oleh banyak orang di berbagai penjuru dunia.

Jika ingin takdir baik, jangan berhenti berbuat baik

Anda Mungkin Juga Suka