6 Kuliner Khas Thailand ini Cocok Untuk Lidah Orang Indonesia

6 Kuliner Khas Thailand ini Cocok Untuk Lidah Orang Indonesia

Kuliner – Jika Anda berkunjung ke Thailand, menikmati keindahan alam saja tidak cukup, ragam aneka kulinernya juga patut Anda nikmati. Apalagi kuliner khas Thailand mampu menghadirkan sensasi unik saat Anda menyantapnya.

Tak heran jika kuliner khas Thailand menarik perhatian wisatawan mancanegara, termasuk wisatawan Indonesia. Di sana, mayoritas masakan khas Thailand di olah menggunakan campuran berbagai bumbu yang mudah di temukan di Indonesia.

Meski di padukan dengan berbagai macam bumbu, masakan khas Thailand memiliki cita rasa yang unik karena perpaduan rasa utama seperti asam, pedas, dan manis.

Tak heran jika setiap daerah di Thailand menawarkan beragam makanan khas yang di pengaruhi oleh negara tetangganya.

Pengaruh yang beragam tersebut tentu menciptakan kuliner unik yang sayang untuk Anda lewatkan saat berlibur ke Thailand.

Di bawah ini adalah macam-macam masakan khas Thailand yang sepertinya cocok untuk lidah orang Indonesia.

1. Tod Man Pla

kuliner khas thailand tod man pla

Rekomendasi kuliner khas Thailand yang pertama adalah Tod Man Pla. Hidangan ini merupakan masakan khas Thailand yang cocok dengan selera orang Indonesia.

Hidangan ini di olah dengan bahan utama ikan atau ayam. Belakangan ini banyak restoran yang menggunakan ikan sebagai bahan utamanya.

Jika ingin membuat Tod Man Pla dari ikan, chef sering menggunakan ikan dengan daging putih. Setelah ikan di bersihkan, para chef meracik bumbu khas Thailand, bubuk kari merah, dengan rasa pedas hingga terciptalah Tod Man Pla.

2. Pad Thai

Pad Thai kuliner khas thailand

Pilihan Kuliner khas Thailand selanjutnya adalah Pad Thai. Jenis masakan Thailand ini memiliki cita rasa yang sesuai dengan selera orang Indonesia dan sangat di gemari.

Pad Thai adalah hidangan legendaris Thailand yang berasal dari Kerajaan Ayutthaya dan di anggap sebagai hidangan kuliner asal Vietnam atau Cina. Proses penyajian Pad Thai meliputi mie yang terbuat dari tepung beras kemudian di tumis dengan bahan lainnya.

Di Indonesia, menu ini mirip dengan kwetiau goreng dengan rasa asin, asam, pedas, dan manis. Hidangan khas Thailand ini juga mudah di temukan di negara asalnya, baik di restoran maupun di pinggir jalan.

Selain mie mirip kwetiau, kuliner khas Thailand ini juga mengandung telur, tahu, jeruk nipis, bawang putih, kecap ikan, cabai, kedelai, dan gula.

Terkadang Anda juga bisa memilih untuk menambahkan irisan ayam, sapi, atau seafood

3. Som Tam

Som Tam

Berikutnya dalam daftar masakan khas Thailand yang bisa Anda pilih saat jalan-jalan ke negeri gajah putih adalah Som Tam.

Hidangan ini terbuat dari pepaya muda yang di rendam dengan bawang putih, tomat, cabai, lemon, dan kecap ikan. Perpaduan bumbu-bumbu tersebut menciptakan rasa pedas, manis, dan asin yang nikmat.

Sekilas rasa Som Tam akan mengingatkan Anda pada salah satu masakan Indonesia yaitu rujak. Hidangan khas Thailand ini juga masuk dalam daftar 50 hidangan terlezat di dunia versi CNN.

4. Tom Yam

tom yam indonesia

Siapa yang tak kenal Tom Yam? Selain berasal dari Thailand, menu ini juga cukup mudah di temukan di Indonesia. Masakan khas Thailand ini populer secara internasional dan di sukai masyarakat Indonesia berkat rasanya yang pedas dan asam.

Tom Yam mempunyai banyak variasi, tergantung bahan dasar yang di gunakan. Misalnya saja Tom Yam Goong yang merupakan masakan Tom Yam berbahan dasar udang, ada juga Tom Yam Pla yang berisi ikan, atau Tom Yam Taek dengan seafood.

Tidak jauh berbeda dengan menu-menu sebelumnya, masakan khas Thailand ini juga cenderung pedas, jadi periksa tingkat kepedasan sebelum memesan.

5. Khao Pad

Khao Pad nasi goreng khas thailand

Nasi goreng tidak hanya populer di Indonesia tapi juga di Thailand. Khao Pad adalah hidangan nasi goreng khas Thailand.

Bahan-bahan untuk membuat Khao Pad antara lain nasi di campur telur, bawang putih, saus tiram, garam, gula, dan kecap. Setelah matang, Khao Pad di sajikan dengan irisan timun, selada, tomat, dan jeruk.

Variasi masakan nasi goreng khas Thailand ini banyak sekali, biasanya Khao Pad di sajikan dengan irisan daging ayam, sapi, babi atau seafood.

6. Tom Kha Kai

Tom Kha Kai

Masakan khas Thailand yang ke enam adalah Tom Kha Kai. Menu ini di sajikan dalam bentuk sup dan sekilas mirip dengan Tom Yam. Yang membedakan Tom Kha Kai dengan Tom Yam adalah kuahnya, menu ini menggunakan kuah santan.

Dari segi rasa cenderung lebih pedas di bandingkan Tom Yam. Bahan utama yang di gunakan untuk membuat Tom Kha Kai adalah ayam suwir. Anda juga bisa menambahkan perasan lemon untuk menambah rasa segar dan mengurangi pedasnya masakan khas Thailand ini.

Jika ingin takdir baik, jangan berhenti berbuat baik

Anda Mungkin Juga Suka