5 Penanganan Pertama Gusi Bengkak Bernanah

5 Penanganan Pertama Gusi Bengkak Bernanah

Heetpedia – Gusi bengkak pun bisa terasa sangat nyeri, apalagi jika gusi sedang bernanah. Ini biasanya merupakan tanda adanya masalah seperti penyakit periodontal atau infeksi.

Untungnya, ada banyak perawatan rumahan yang dapat Anda lakukan sebagai langkah awal untuk mengatasi masalah mulut dan gigi ini.

Penyebab Terjadinya Gusi Bengkak Bernanah

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab gusi bengkak. Mari kita mulai dengan sesuatu yang tidak terlalu serius. Misalnya saja, makanan yang tidak sehat, kekurangan vitamin C, perubahan hormonal, dan masalah yang lebih serius seperti periodontitis (penyakit periodontal stadium lanjut), gigi berlubang, infeksi, dan kanker darah.

Apapun penyebabnya, gusi bengkak dan bernanah harus segera di obati untuk menghilangkan rasa tidak nyaman dan mencegah masalah yang lebih serius.

Penanganan Pertama untuk Gusi Bengkak Bernanah

Berikut ini adalah perawatan awal untuk mengurangi peradangan gusi dan mengurangi rasa sakit.

1. Obat Kumur Antiseptik

Meski tidak dapat menghilangkan plak dan karang gigi, namun obat kumur antiseptik dapat membantu mengontrol dan mencegah pembentukan plak lebih lanjut.

Obat kumur ini tersedia tanpa resep di apotek Anda. Carilah produk yang mengandung bahan disinfektan yang kuat seperti cetylpyridinium klorida.

2. Berkumur dengan Air Garam

Air garam atau larutan garam dengan konsentrasi 1,8 persen efektif mendukung penyembuhan. Anda dapat membuat larutan garam dengan menambahkan 1 sendok teh garam ke dalam 1 cangkir air matang dingin. Selanjutnya berkumur dengan air garam tiga sampai empat kali sehari.

3. Obat Kumur Herbal

Obat kumur dengan minyak pohon teh, cengkeh, dan kemangi mempunyai sifat antibakteri dan antiradang. Memiliki manfaat kesehatan gusi, termasuk mengurangi plak dan mengurangi peradangan.

4. Ibuprofen

Ibuprofen merupakan obat yang efektif untuk meredakan nyeri, seperti akibat gusi bengkak atau periodontitis. Obat yang di gunakan bersama obat pereda nyeri untuk mengobati gusi bengkak.

5. Kompres Gusi Bengkak dengan Air Hangat dan Dingin

Kompres hangat pada sisi wajah yang gusinya bernanah dan bengkak akan mengurangi rasa sakit. Sedangkan kompres dingin dapat membantu mengurangi pembengkakan.

6. Kunjungi Dokter Gigi Saat Alami Gusi Bengkak

Jika cara di atas tidak mengurangi pembengkakan atau nanah pada gusi Anda, Anda mungkin perlu menemui dokter gigi. Tenaga medis dapat menyelidiki penyebab suatu kondisi medis dan mengambil tindakan terapeutik.

Dokter gigi juga akan meresepkan antibiotik untuk mengatasi pembengkakan. Obat ini mencegah kekambuhan dan menghentikan penyebaran infeksi ke area lain di tubuh.

Oleh karena itu, agar cepat sembuh, Anda perlu mengetahui 4 makanan yang harus di hindari saat gusi bengkak.

Tips Menjaga Kesehatan Gusi

Pentingnya memperhatikan kebersihan mulut dan gigi setiap hari untuk mencegah gusi bengkak dan bernanah. Berikut beberapa tipnya:

  • Sikat gigi secara teratur minimal dua kali sehari atau setiap habis makan.
  • Membersihkan benang secara teratur.
  • Gunakan produk mulut yang lembut seperti pasta gigi dan obat kumur.
  • Hindari minuman manis karena dapat menyebabkan bakteri berkembang biak di mulut.
  • Berhenti merokok atau mengunyah tembakau.
  • Batasi atau hindari asupan alkohol dan penggunaan obat kumur berbahan dasar alkohol, karena alkohol dapat mengeringkan dan mengiritasi gusi.
  • Hindari makanan keras dan tajam seperti keripik dan biji-bijian, karena dapat tersangkut di gigi dan menimbulkan rasa sakit.

Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan gigi secara rutin setiap enam bulan sekali. Hal ini memungkinkan dokter gigi Anda memantau kesehatan gigi dan gusi Anda. Para profesional kesehatan ini juga dapat membantu mendiagnosis masalah mulut secara dini dan mencegah penyakit dan infeksi.

Jika ingin takdir baik, jangan berhenti berbuat baik

Anda Mungkin Juga Suka