5 Fakta Menarik Mengenai Air Laut, Jarang Diketahui!

5 Fakta Menarik Mengenai Air Laut, Jarang Diketahui!

Heetpedia – Jika berbicara mengenai Bumi rasanya tak hanya sebatas pada bagian daratannya saja, namun juga airnya. Bagaimana pun juga permukaan Bumi memang di dominasi oleh lautan, sehingga wajar rasanya apabila keberadaan air laut menjadi hal yang sangat umum untuk dijumpai.

Sering kali banyak orang berpikir bahwa air laut selayaknya air biasa saja, padahal tentu tidak demikian. Kamu bisa mengetahui beberapa fakta menarik berikut ini untuk bisa mengenal lebih dekat mengenai keberadaan air laut.

1. Air Laut Mengandung Tinggi Garam

Keberadaan garam selama ini digunakan sebagai komponen dalam memasak, sebab dapat menambah cita rasa asin dan gurih pada makanan. Namun, sudah menjadi rahasia umum bahwa keberadaan garam tersebut sebetulnya berasal dari air laut yang sudah melalui proses pengolahan sebelumnya.

Di lansir USGS.gov, konsentrasi garam pada air laut di perkirakan sekitar 3,5 persen pada setiap beratnya. Hal ini karena memang keberadaan garam cenderung larut pada air laut, sehingga tak terlalu dapat terlihat jelas.

2. Asal Muasal Melimpahnya Garam pada Air Laut

Semua orang mungkin sudah tahu bahwa air laut menjadi salah satu sumber dari kandungan garam. Namun, tak banyak yang tahu sebetulnya dari mana keberadaan garam pada air laut tersebut bisa timbul, sebab ada faktor-faktor tertentu yang menyebabkannya.

Dilansir National Ocean Service, garam laut ternyata berasal dari dua sumber berbeda, seperti dari limpasan tanah dan bukaan dasar laut akibat pergeseran kerak Bumi. Batuan menjadi sumber utama garam yang larut di dalam air laut, sementara hujan membantu mengikis batuan tersebut.

3. Air Laut Tidak Sehat untuk Dikonsumsi

Bagi kamu yang aktif berenang atau beraktivitas di laut mungkin harus berhati-hati dengan risiko yang di miliki air laut. Hal ini karena air laut tidaklah seperti air biasa yang dapat di konsumsi dengan sembarangan, sebab efek sampingnya yang serius.

Di lansir NOAA’s National Ocean Servicemengonsumsi air laut dalam jumlah kecil sebetulnya tak menjadi masalah, namun jika berlebihan maka akan berbahaya. Kandungan garam dalam air laut sebetulnya jauh lebih tinggi di bandingkan yang dapat di proses oleh tubuh manusia, sehingga bisa cukup berbahaya efek sampingnya.

4. Tampilan Asli dari Warna Air Laut

Selama ini mungkin banyak orang penasaran sebetulnya bagaimana warna dari air laut. Hal ini di dasari dengan perbedaan persepsi yang mengatakan bahwa air laut berwarna putih, hijau, biru, hingga biru dongker, sehingga terkesan berbeda-beda.

Dilansir National Ocean Service, laut sebetulnya berwarna biru karena air menyerap warna di bagian spektrum cahaya, sehingga meninggalkan warna biru. Sementara, jika kamu mengambil sedikit saja air laut dengan menggunakan gelas, maka akan tampak bahwa air laut sebetulnya berwarna transparan selayaknya air biasa, namun lebih sedikit keruh.

5. Terdapat Miliyaran Bakteri dan Virus dalam Seliter Air Laut

Air laut yang selama ini di temukan sebetulnya tidaklah sebersih seperti yang di bayangkan. Alasannya tentu saja karena air laut sudah terkontaminasi banyak sekali benda-benda lain yang mungkin akan menyebabkan bahaya tersendiri, sehingga memang tak bisa di konsumsi sembarangan.

Di lansir Smithsonian Ocean, pada setiap liter air laut ternyata mengandung setidaknya satu miliar bakteri dan 10 miliar virus. Inilah yang juga menjadi alasan mengapa air laut tak di perkenankan untuk diminum, sebab kandungannya juga cukup berbahaya.

Ada cukup banyak fakta menarik mengenai air laut yang mungkin jarang kamu ketahui. Semua fakta di atas akan membuatmu semakin mengenal keberadaan air laut, termasuk untuk tidak mengonsumsinya sembarangan. Tak boleh mengonsumsi air laut, ya!

Jika ingin takdir baik, jangan berhenti berbuat baik

Anda Mungkin Juga Suka