11 Gejala Kanker Paru yang Berbahaya dan Cara Diagnosisnya

11 Gejala Kanker Paru yang Berbahaya dan Cara Diagnosisnya

Kesehatan – Kanker paru-paru merupakan salah satu bentuk kanker yang paling mematikan di dunia. Sayangnya, seringkali gejala-gejala kanker paru muncul pada tahap yang sudah cukup lanjut, membuat penanganan menjadi lebih sulit.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengenali gejala- gejala kanker paru yang berbahaya dan memahami cara diagnosisnya. Berikut adalah 11 gejala kanker paru yang perlu diwaspadai:

Gejala Kanker Paru – Paru yang Berbahaya

1. Batuk yang Berkepanjangan

Batuk yang berlangsung lebih dari dua minggu dan tidak membaik bisa menjadi tanda kanker paru-paru. Kanker paru-paru seringkali menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan, yang mengakibatkan batuk yang tidak kunjung reda.

2. Sesak Napas

Kesulitan bernapas atau sesak napas tanpa sebab yang jelas bisa menjadi indikator adanya masalah pada paru-paru, termasuk kemungkinan kanker.

3. Nyeri Dada

Nyeri atau rasa tidak nyaman di dada, terutama saat bernapas dalam atau batuk, dapat menjadi tanda adanya kanker paru-paru.

4. Berat Badan Turun Drastis

Penurunan berat badan yang signifikan tanpa adanya perubahan gaya hidup atau program diet dapat menjadi gejala kanker, termasuk kanker paru-paru.

5. Kelelahan yang Berlebihan

Rasa lelah yang tidak wajar, bahkan setelah istirahat yang cukup, dapat menjadi tanda bahwa tubuh sedang berjuang melawan penyakit serius.

6. Demam dan Infeksi Berulang

Kanker paru-paru dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh, meningkatkan risiko infeksi berulang atau demam yang tidak dapat dijelaskan.

7. Suara Parau atau Berubahnya Suara

Perubahan suara yang berkepanjangan, seperti parau atau serak, dapat menjadi indikasi masalah pada saluran pernapasan, termasuk kanker paru-paru.

8. Pembengkakakn Pada Wajah atau Leher

Pembengkakan pada wajah atau leher dapat terjadi karena sumbatan pada pembuluh darah atau limfatik akibat kanker paru-paru.

9. Nyeri Tulang atau Sendi

Kanker paru-paru yang telah menyebar ke tulang atau sendi dapat menyebabkan nyeri yang terus-menerus.

10. Perubahan Kulit

Perubahan warna atau tekstur kulit, terutama di daerah dada, bisa menjadi tanda bahwa kanker paru-paru telah mencapai tahap yang lebih lanjut.

11. Batuk Darah

Batuk dengan darah atau dahak berwarna darah merupakan gejala serius yang harus segera ditangani, karena bisa menjadi tanda adanya kanker paru-paru.

Cara Mendiagnosis Kanker Paru

1. Pemeriksaan Fisik

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk mencari tanda-tanda fisik yang mungkin terkait dengan kanker paru-paru.

2. Tes Imajing

Pemeriksaan sinar-X, CT scan, atau MRI dapat membantu mengidentifikasi adanya tumor atau perubahan pada paru-paru.

3. Biopsi

Melalui pengambilan sampel jaringan (biopsi), dokter dapat mengonfirmasi keberadaan kanker dan menentukan jenis sel kanker.

4. Tes Darah

Pemeriksaan darah, termasuk tes tumor marker, dapat memberikan informasi tambahan tentang kondisi kesehatan.

5. Spirometri

Tes fungsi paru-paru dapat membantu menilai sejauh mana paru-paru terpengaruh oleh kanker.

Penting untuk diingat bahwa gejala-gejala di atas tidak selalu menunjukkan kanker paru-paru, tetapi jika Anda mengalami beberapa gejala tersebut secara bersamaan, segera konsultasikan dengan dokter. Deteksi dini dan penanganan yang cepat dapat meningkatkan peluang kesembuhan.

Jika ingin takdir baik, jangan berhenti berbuat baik

Anda Mungkin Juga Suka